Penerapan FGD untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pengelolaan Pembelajaran P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Model Kontekstual di SDN 2 Karanganyar pada Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Atika Khilmiyati SDN 2 Karanganyar Kecamatan Purawanegara

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1327

Keywords:

Kreativitas, Pengelolaan pembelajaran, FGD, Model Kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pengamatan tentang rendahnya kreativitas guru dan pengelolaan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pencasila di SD Negeri 2 Karanganyar Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Salah satu penyebabnya karena kurang aktifnya guru mengikuti pelatihan mandiri di PMM dan pelatihan lainnya terkait kurikulum merdeka yang mendukung peningkatan kreativitas guru. Hampir semua guru kesulitan membuat modul ajar terutama P5 yang berdampak pada rendahnya kualitas pengelolaan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu diperlukan forum belajar dan diskusi bersama untuk memperbaiki keadaan tersebut . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan pengelolaan pembelajaran P5 tema gaya hidup berkelanjutan di SD Negeri 2 Karanganyar Kecamatan Purwanegara melalui kegiatan FGD. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari tindakan di atas maka didapatkan data dari 4 guru kelas yang sudah menerapkan kurikulum merdeka yaitu guru kelas I, II, IV dan V terjadi peningkatan nilai kreativitas guru dan kemampuan pengelolaan pembelajaran. Nilai rata-rata kemampuan kreativitas guru semula 66,3 meningkat menjadi 85,9 dengan jumlah guru yang memperoleh kategori amat baik 1 orang (25%) dan kategori baik 3 orang guru (75%). Untuk pengelolaan pembelajaran pada pra siklus rata-ratanya 69,7 menjadi rata-rata 87 dengan I guru (25%) ada pada kategori sangat baik dan 3 orang guru (75%) memiliki kategori baik.  Maka dapat disimpulkan  penerapan FGD dapat meningkatkan kreativitas dan pengelolaan pembelajaran P5 tema gaya hidup berkelanjutan melalui model kontekstual di SD Negeri 2 Karanganyar pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024.

References

Ade Rukmana dan Asep Suryana. 2006. Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI PRESS

Alanur., dkk. (2022). “Pengembangan Bahan Ajar PPKn Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Siswa”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 12. no. 2. Hal. 107.

Amri, Sofan dan Muhammad Rohman. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka Karya.

Afiyanti. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) Sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif Yati. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Baderiah (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo

Dwi, N dan dkk (2022). Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta: Dirketorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI

Guntur Talajan. (2012) Menumbuhkan Kreativitatas dan Prestastasi Guru. Laksbang PRESSindo, Yogyakarta

Irham Machfoedz dan Eko Suryani, 2008. Pendidikan kesehatan bagian dari promosi kesehatan. Yogyakarta, Fitramaya.

Khoirurrijal dan dkk (2022), Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Koswara, D. & Suryadi. 2007. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Masykur (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja

Moeliono, L (2018). Focus Group Discussion, Edisi Revi (Jakarta: Universitas Atma Jaya

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Grup Discusiiom dalam Penelitian Kualitatif (Focus Group Discussion Tehnique in Qualitative Research). Buletin Penelitian Sitem Kesehatan

Perry & Collier. (2018). What counts as creativity in education? An inquiry into the intersections of public, political, and policy discourses. Canadian Journal Of Education, Vol. 41 Issue 1, P24-43. 20p

Retnoningsih, E., & Utami, D. P. (2013). Penerapan Knowledge Management pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus Amik BSI Purwokerto). Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST) Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sulistyorini Dan Muhammad Fathurrohman, (2014). Esensi Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta. Teras.

Tachjan (2006), Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung

Utaminingsih, S., & Shufa, N. K. F. (2019). Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Kearifan Lokal. Kudus

Waluyo, Edi. 2013. “Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Skripsi Yogyakarta: UNNEY.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Khilmiyati, A. (2024). Penerapan FGD untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pengelolaan Pembelajaran P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Model Kontekstual di SDN 2 Karanganyar pada Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 19–31. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1327