Nilai Profetik Novel Guru Aini sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Umi Faizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Turiyanti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Bagiya Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Kadaryati Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1390

Keywords:

Nilai Profetik Novel, Bahan Ajar, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Fenomena siswa saat ini yang gemar pada gaya hidup hedonistik, kapitalistik, dan materialistik merupakan serangan dalam penanaman pendidikan karakter. Nilai profetik dalam novel dapat dijadikan solusi sebagai bahan ajar agar peserta didik dapat menjadi manusia yang memiliki etika yang baik serta beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., yang merupakan bagian dari penguatan profil pelajar pancasila.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai profetik dalam novel; (2) relevansi novel Guru Aini karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik baca catat. Teknik penyajian data dilakukan menggunakan teknik informal. Nilai profetik dalam novel meliputi humanisasi berupa sikap peduli terhadap sesama, tolong-menolong, rela berkorban, mengucapkan salam, dan kasih sayang, liberasi berupa sikap jujur, bekerja keras, rajin belajar, bertanggung jawab, dan pantang menyerah, serta transendensi berupa sikap bersyukur, beribadah, dan berdoa; (2) relevansi novel Guru Aini sebagai bahan ajar terdapat pada kurikulum merdeka fase F, yaitu pada materi teks novel dengan mengacu pada KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel.

References

Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2020. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al- Qur’an Departemen Agama RI.

Arifin, E. Zaenal. 2018. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hirata, Andrea. 2020. Guru Aini. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Kuntowijoyo. 2013. Maklumat Sastra Profetik. Yogyakarta: Multi Presindo bekerja sama dengan Lembaga Seni, Budaya dan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ramadhanti, Dina. 2016. Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Roqib, M. 2011. Prophetic Education: Kontekstualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Islam. Purwokerto: Stain Press.

Setyaningrum, Bagiya, dan Faizah. 2019. “Analisis Nilai Pendikan Karakter Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El-Shirazy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol. 7 (2).

Setyorini, Kadaryati, dan Bagiya. 2018. “Pesan Profetik dalam Novel Geni Jora Karya Abidah El Khaeleqy”. Prosiding Seminar Nasional Peran Strategis Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya dalam Dinamika Konflik Sosial serta Penanaman Nilai Karakter Profetik Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Pekalongan, 26-27 September 2018.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Warsiman. 2017. Pengantar Pembelajaran Sastra (Sajian dan Kajian Hasil Riset). Malang: UB Press.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Faizah, U., Turiyanti, Bagiya, & Kadaryati. (2024). Nilai Profetik Novel Guru Aini sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20, 379–383. https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1390