Integrasi IoT dan Artificial Intelligence (AI): Pilar Pembelajaran yang Dipersonalisasi pada Pendidikan Agama Islam di Era Smart School

Authors

  • Latifah Zahra Rahmadhani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Anggraeni Theresia Ananda UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Nur Sepiyani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Indriliany Yuwanda Fitri UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1615

Keywords:

IoT, Artificial Intelligence, Pembelajaran Dipersonalisasi, Pendidikan Agama Islam, Smart School

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong transformasi signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai integrasi Internet of Things (IoT) dan Kecerdasan Buatan (Artifical Intelligence/AI) sebagai pilar pembelajaran yang dipersonalisasi di era Smart School. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menelaah berbagai sumber ilmiah, artikel jurnal, dan laporan riset yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa IoT memungkinkan terciptanya lingkungan belajar yang saling terhubung, interaktif, dan berbasis data real-time. Sementara itu, AI berperan dalam menyesuaikan materi, metode, dan gaya pembelajaran dengan karakteristik dan kebutuhan untuk tiap peserta didik, menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif. Dalam konteks PAI, integrasi ini memberikan peluang besar untuk menyampaikan nilai-nilai keislaman secara kontekstual, dinamis, dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Namun demikian, integrasi IoT dan AI dalam pembelajaran PAI juga menghadapi sejumlah tantangan, antara lain kesiapan infrastruktur teknologi, kompetensi digital pendidik, serta aspek etika digital dan keamanan data. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengembangan sumber daya manusia, penguatan regulasi, dan dukungan kebijakan pendidikan yang komprehensif untuk memastikan integrasi teknologi berlangsung secara optimal dan sejalan dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Dengan pendekatan yang tepat, integrasi IoT dan AI berpotensi menjadi fondasi utama dalam membentuk pembelajaran PAI yang lebih inklusif, adaptif, dan relevan di era digital.

References

Afriani, I. H., Rohmah, S., & Pradana, D. A. (2024). DEVELOPMENT OF PERSONALIZED LEARNING MANAGEMENT SYSTEM WITH ADAPTIVE FEATURES OF MICROTEACHING AND REFLECTIVE PRACTICE COURSES FOR PRESERVICE TEACHERS. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 12726–12734. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.4394

Ananda, A. T. (2024). Revitalisasi Pembelajaran PAI Melalui Teknologi Adaptif?: Kajian Literatur Sistematis Era Society 5 . 0. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 13–17.

Anwar, N. R. (2024). Pelatihan Pengenalan Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru padaTransformasi Digital. Journal of Smart Community Service(JSCS), 2(1), 28–36. https://journal.cahyaedu.com/index.php/jscs/article/view/43/28

Mufid, Z., & Musafa. (2022). Implementasi Penggunaan Internet Of Things ( Iot ) Di Dunia Pendidikan Selama Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 439–446. https://jurnalalkhairat.org/ojs/index.php/jkpi/article/view/39/44

Rahman, R. N., Afandi, N. K., Negeri, I., Aji, S., & Idris, M. (2024). Islamic Education Students ’ Perceptions?: A Phenomenological Study on the Ethical of Using Artificial Intelligence ( AI ) in Learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 45–57.

Rusmawati, R. D., Bandono, A., & Kurniawan, A. (2024). Pemanfaatan AI dalam Pengajaran dan Pembelajaran PAI. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 8(2), 337–351.

Yunita, M. I., Ksvara, R. A., Hanif, D. A., & Maharani, N. (2025). Tantangan Etika dan Privasi Terhadap Perspektif Global Pendidikan Teknologi Bagi Generasi Mendatang. Jurnal Seputar Isu Dan Inovasi Pendidikan, 1(1), 64–74.

Alfi, A. M., Febriasari, A., & Azka, J. N. (2023). Transformasi pendidikan agama islam melalui teknologi. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(4), 511-522.

Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam. E-Jurnal.Unisda.Ac.Id, 5(1).

Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66-76.

Santoso, H. E. (2025). Integrasi Teknologi Deep Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digital. 6(2), 1476–1483.

Nugraha, M. S., Awwalina, L. S., & Dedih, U. (2024). Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital?: Integrasi Teknologi dalam Model Hannafin-Peck untuk Pembelajaran yang Lebih Dinamis. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 836–844. https://doi.org/10.5281/zenodo.10472270

Alfiah, P., Rahma, A., & Mufidah, V. N. (2025). Implementasi Teknologi Digital Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3(4), 110–120.

Sodikin, A., Huda, U. N., Ichsan, A. T., & Tasdiq, M. (2024). Integrasi Teknologi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4 . 0 pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran PAI Putri Kurniawati Pendahuluan. 03, 101–114.

Alfiah, P., Rahma, A., & Mufidah, V. N. (2025). Implementasi Teknologi Digital Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3(4), 110–120.

Rohmah, N., & Sari, N. I. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Iqra, 1(1), 12756–12764.

Downloads

Published

2025-07-19

How to Cite

Rahmadhani, L. Z., Ananda, A. T., Sepiyani, N., & Fitri, I. Y. (2025). Integrasi IoT dan Artificial Intelligence (AI): Pilar Pembelajaran yang Dipersonalisasi pada Pendidikan Agama Islam di Era Smart School. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 329–337. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1615