Implementasi Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Dwi Lestari Handayani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Badarudin Badarudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tegar Putri Andriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1618

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pliken melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas IV A SD Negeri 2 Pliken pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan soal tes pilihan ganda untuk menilai keterampilan berpikir kritis berdasarkan lima indikator, yaitu mengintegrasi, menganalisis, mengevaluasi, menyimpulkan, dan menjelaskan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi PBL dan CRT secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pada Siklus I, keterampilan berpikir kritis berada pada kategori cukup dengan rata-rata capaian sebesar 56,5%. Setelah dilakukan perbaikan strategi pembelajaran, terjadi peningkatan pada Siklus II dengan rata-rata capaian sebesar 87,5% dan berada pada kategori sangat baik. Capaian indikator juga menunjukkan peningkatan: indikator mengintegrasi, menganalisis, dan menyimpulkan berada pada kategori sangat baik, sementara indikator mengevaluasi dan menjelaskan berada pada kategori baik. Temuan ini menyimpulkan bahwa integrasi PBL dan CRT efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika kelas IV.

References

Adnyani, I. W., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 56-67.

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada mata pelajaran ips di kelas tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84-90.

Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan model problem based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada muatan IPA sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981-990.

Arends, R. I. (2013). Belajar untuk mengajar. Salemba Humanika.

Atikah, N., Karjiyati, V., & Noperman, F. (2020). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas IV SDN di Kota Bengkulu. Riset, Jurnal Dasar, Pendidikan, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.1.25-32.

Cahyani, V. P., & Ahmad, F. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil belajar dan Motivasi Peserta didik. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(2), 76-82.

Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran berbasis pendekatan culturally responsive teaching di sekolah dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643-650.

Fitriani, R., Untari, M. F. A., & Jannah, F. M. (2024). Implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 11916-1924.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (Vol. 2015, pp. 597-602).

Ginanjar, E. G., Darmawan, B., & Sriyono, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi belajar peserta didik smk. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 6(2), 206-219.

Hutagaol, M., & Sihombing, I. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIINTEGRASIKAN DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 819-832.

Jonas, S. G. E., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Peserta didik Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Mind Pada Kelas V Sanggar Bimbingan Intan Baiduri Malaysia. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 545-552.

Khairani, F. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) DAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN GOTONG ROYONG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 1 PASALAKAN. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 14(5), 41-50.

Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Wawasan Pendidikan, 4(2), 369-379.

Marchy, F., Murni, A., & Muhammad, I. (2022). The effectiveness of using problem-based learning (PBL) in mathematics problem-solving ability for junior high school students. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 8(2), 185-198.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Margiyanti, E., Harini, E., & Pujiastuti, K. M. (2024, September). Peningkatan Motivasi Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Model Problem Based Learning Pada Materi IPA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU (Vol. 3, No. 1, pp. 1657-1667).

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Peserta didik SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Mulyani, A. Y. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 100-105.

Mursari, C. (2020). Deskripsi Kemampuan Berikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Alphamath: Journal of mathematics education, 5(2), 40-48.

Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas V Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 8(1), 171. https://doi.org/10.24114/js.v8i1.55063

Nurhayanti, H., Hendar, H., & Kusmawati, R. (2022). Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156-166.

Putri, N. S., Firmansyah, E., Bustaren, B. C. R., & Rahmawati, F. (2024). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching dan Teaching at the Right Level. Journal on Mathematics Education Research (J-MER), 5(2), 1-15.

Rahmawati, R. A., Apriandi, D., & Purwaningtijas, P. (2024, July). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 3, No. 3, pp. 523-529).

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049-057.

Ritonga, D., & Napitupulu, S. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Education & Learning, 4(1), 38-45.

Safitri, D. N. W., Lestari, S., & Tryanasari, D. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 659-666.

Sofyan, H., Wagiran, K. K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Universitas Negeri Yogyakarta Press (UNY Press).

Suparman, H. (2023). Paradigma pendidikan untuk meningkatkan SDM (Sumber daya manusia). Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(3), 302-311.

Surayya, S., Patonah, S., & Sumiyatun. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 214-222.

Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika menggunakan model realistic mathematics. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111-120.

Turgut, S., & Turgut, ?. G. (2020). Me while i am learning mathematics: Reflections to elementary school students’ drawings. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(1), 139–154. https://doi.org/10.26822/iejee.2020.179

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Widiansyah, A. (2018). Peranan sumber daya pendidikan sebagai faktor penentu dalam manajemen sistem pendidikan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 229-234.

Downloads

Published

2025-07-19

How to Cite

Handayani, D. L., Badarudin, B., & Andriani, T. P. (2025). Implementasi Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 351–358. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1618