Moderasi Beragama pada Materi Khotbah Jumat: Analisis Wacana Kritis Model Teun A. van Dijk
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1310Kata Kunci:
Analisis Wacana Kritis, Materi Khotbah Jumat, Moderasi BeragamaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan representasi nilai-nilai moderasi beragama pada materi khotbah Jumat dengan pendekatan analisis wacana kritis model Teun A. van Dijk. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik rekam, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan anaisis interaktif untuk menemukan pesan wacana pada dimensi teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek struktur makro, tema utama yang disampaikan penulis adalah mengaikan peringatan Hari Persaudaraan Manusia Internasional dengan nilai-nilai moderasi beragama yang meliputi komitmen kebangsaan, toleransi, dan antikekerasan. Pada tataran superstruktur, wacana dikembangkan dengan struktur pembukaan, isi, dan penutup dengan pola pengembangan deduktif. Aspek struktur mikro terdiri dari semantik, sintaksis, stilistik, dan retorika yang berisi detail-detail untuk mendukung tema utama.
Referensi
Alkhawaldeh, A. A. (2022). Deixis in English Islamic Friday Sermons: A Pragma-Discourse Analysis. Studies in English Language and Education, 9(1), 418–437. https://doi.org/10.24815/siele.v9i1.21415
Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Bowo, S. A. (2023). Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Islam Surakarta: Analisis Wacana pada Materi Khotbah Jumat. TABASA: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(2), 69–86. https://doi.org/10.22515/tabasa.v4i02.9738
Fairclough, N. (2013). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. New York: Routledge.
Kanafi, I., Dahri, H., Susminingsih, S., & Bakhri, S. (2021). The contribution of ahlussunnah waljamaah’s theology in establishing moderate islam in Indonesia. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 77(4), 1–10. https://doi.org/10.4102/hts.v77i4.6437
Ma`arif, M. A., Rofiq, M. H., & Sirojuddin, A. (2022). Implementing Learning Strategies for Moderate Islamic Religious Education in Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 75–86. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.19037
Muhammad, Q. (2020). Membangun Moderasi Beragama Umat Melalui Integrasi Keilmuan. In Alauddin University Press (Vol. 53). Makasar: Alauddin University Press.
Mustofa, W. S. B., Setiawan, H., & Novitasari, L. (2023). Analisis Wacana Buku Kumpulan Khotbah Jumat Karya KH. Abu Yusuf Fahruddin (Teori van Dijk). LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.60155/leksis.v3i2.357
Nurjannah. (2013). Faktor pemicu munculnya radikalisme islam atas nama dakwah. Jurnal Dakwah, XIV(2), 177–198. https://doi.org/10.14421/jd.2013.14202
Padela, A. I., Malik, S., & Ahmed, N. (2018). Acceptability of Friday Sermons as a Modality for Health Promotion and Education. Journal of Immigrant and Minority Health, 20(5), 1075–1084. https://doi.org/10.1007/s10903-017-0647-8
Pakpahan, S. J., Simamora, L. M., Samosir, E. O., & Hadi, W. (2024). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk Pada Teks Berita Liputan6.com mengenai Perubahan Seragam oleh Kemendikbudristek. Artikulasi Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 4(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/xxxx.xxx
Roziq, M., Reawaroe, H. P., & Rosyidi, A. I. (2021). Investment Perspectives in Human Resources Management and Its Contribution on Organizational Performance and Competitive Advantages. Journal of Management and Leadership, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.47970/jml.v4i1.207
Sinha, D., & Sinha, S. (2020). Managing in a VUCA World: Possibilities and Pitfalls. Journal of Technology Management for Growing Economies, 11(1), 17–21. https://doi.org/10.15415/jtmge.2020.111003
Subchi, I., Zulkifli, Z., Latifa, R., & Sa’diyah, S. (2022). Religious Moderation in Indonesian Muslims. Religions, 13(5), 1–11. https://doi.org/10.3390/rel13050451
van Dijk, T. A. (1993). Principles of Critical Discourse Analysis. Discourse & Society, 4(2), 249–283. https://doi.org/10.1177/0957926593004002006
Wicaksono, A., Efendi, M., & Bowo, S. A. (2022). Religious Moderation Through Friday Pulpit in Campus Environment. In Proceedings of the 1st International Seminar on Sharia, Law and Muslim Society (ISSLAMS 2022). https://doi.org/10.2991/978-2-494069-81-7
Widodo, H. P. (2018). A Critical Micro-semiotic Analysis of Values Depicted in the Indonesian Ministry of National Education-Endorsed Secondary School English Textbook. English Language Education, 9, 131–152. https://doi.org/10.1007/978-3-319-63677-1_8
Wodak, R., & Meyer, M. (2002). Methods of Critical Discourse Analysis. London: Sage Publication.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.