Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Program Independent Learning: Studi Kasus Homeschooling Sigma Phineta Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1313Kata Kunci:
Homeschooling, Independent Learning, Desain Program, EvaluasiAbstrak
Salah satu pendekatan dalam pelaksanaan homeschooling adalah independent learning atau pembelajaran mandiri. Namun, belum banyak homeschooling yang menerapkan pendekatan tersebut. Homeschooling Sigma Phineta di Surakarta telah menerapkan pendekatan tersebut. Sudah tentu, proses dan hasil pelaksanaan pendekatan independent learning penting untuk dikaji agar dapat menjadi model bagi homeschooling lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan kendala penerapan program Independent Learning di Homeschooling Sigma Phineta. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, staf bagian akademik, tutor, dan peserta didik di Homeschooling Sigma Phineta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan program independent learning di Homeschooling Sigma Phineta dilakukan dengan pemantauan jarak jauh melalui video call yang dilakukan oleh tutor kepada peserta didik. Bahan ajar yang disediakan berupa buku teks dan buku pendukung yang berguna untuk melatih kemampuan belajar peserta didik secara mandiri. Mekanisme evaluasi yang dilakukan, yaitu dengan memberikan latihan soal-soal, baik yang terdapat dalam buku teks maupun kuis-kuis yang dapat meningkatkan wawasan pengetahuan peserta didik. Kendala yang dialami pada pembelajaran Independent Learning, yaitu berupa jaringan internet yang tidak stabil, semangat belajar peserta didik menurun, dan kurangnya pemantauan dari orang tua terhadap perkembangan belajar anak.
Referensi
A, M. R. P. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemdirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan STEM. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2020, 293.
Abdillah, F. (2024). Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin, 1(1), 15. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/
Afiat, Z. (2019). Homeschooling: Pendidikan Alternatif di Indonesia. Jurnal Visipena V, 10(1), 51.
Akbari, A. A., & Irawan, C. M. (2023). Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Berbasis Digital di Homeschooling. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1, 69. https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/83
Alam, D. R. M. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Islami Di Era Disrupsi. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1131. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2344
Erfiyansyah, I., & Fitri, N. K. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pendidikan Homeschooling Al – Achsan Cilegon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 275.
Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika. JPPM, 10(2), 120.
Maharani, D. (2024). Sisi Terang dan Gelap: Digitalisasi pada Perkembangan Pendidikan Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 90. https://doi.org/:https://doi.org/10.58192/sidu.v3i1.1771
Naimah, T. (2019). Konsep dan Aplikasi Homeschooling dalam Pendidikan Keluarga Isla. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 20(2), 177. https://doi.org/https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.4495
Pramessy, N. A., & Yulianingsi, W. (2021). Peran Tutor dalam Menganalisis Kebutuhan Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di LBB Primanesa Kecamatan Jembangan Kota Surabaya. J+PLUS UNESA Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 210.
Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, J. R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 26.
Saputri, O. D., & Rahmawati. (2019). Peran Guru dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (Les) Bagi Peserta Didik di Luar Jam Pelajaran Sekolah sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI, 496–497.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.