Buku Teks dan Pengembangan Kompetensi Siswa: Ketepatan Penyusunan Materi untuk Pencapaian Tujuan Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1320Kata Kunci:
Buku Teks Bahasa Indonesia, Tujuan Pembelajaran, Penyusunan Materi, Kompetensi SiswaAbstrak
Artikel ini bertujuan mengeksplorasi potensi buku teks dalam pengembangan kompetensi siswa, dengan fokus pada ketepatan penyusunan materi untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi terhadap buku teks dari berbagai mata pelajaran dan tingkat pendidikan. Analisis isi dilakukan untuk menilai kesesuaian materi dengan standar kurikulum dan kebutuhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks yang disusun dengan ketepatan tinggi, dalam hal relevansi dan keterhubungan materi, secara signifikan berkontribusi pada pencapaian tujuan pembelajaran. Buku teks yang baik dapat memfasilitasi pemahaman dan aplikasi pengetahuan oleh siswa, sementara buku teks yang kurang sesuai dapat menghambat proses pembelajaran dan pencapaian kompetensi. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya revisi dan pembaruan buku teks secara berkala untuk memastikan kesesuaian materi dengan perkembangan kurikulum dan kebutuhan kompetensi siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar pembuat buku teks dan pembuat kebijakan pendidikan memperhatikan ketepatan penyusunan materi dalam buku teks sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pencapaian tujuan pembelajaran.
Referensi
Abuloum, Amjad, Adnan Farah, Esra Kaskaloglu, and Abduyah Yaakub. 2019. ‘College Students’ Usage of and Preferences for Print and Electronic Textbooks’. International Journal of Emerging Technologies in Learning 14 (7). https://doi.org/10.3991/ijet.v14i07.9871.
Amalia Yunia Rahmawati. 2012. ‘Critical Thinking and Academic Achievem’. Medellín – Colombia 17 (July): 1–23.
Anwas, E. Oos M., Anggi Afriansyah, Khofifa Najma Iftitah, Winci Firdaus, Yuni Sugiarti, Evi Sopandi, and Deni Hediana. 2022. ‘Students’ Literacy Skills and Quality of Textbooks in Indonesian Elementary Schools’. International Journal of Language Education 6 (3). https://doi.org/10.26858/ijole.v6i3.32756.
Canale, Germán. 2021. ‘The Language Textbook: Representation, Interaction and Learning’. Language, Culture and Curriculum. https://doi.org/10.1080/07908318.2020.1797080.
Dilekçi, Atilla, and Halit Karatay. 2023. ‘The Effects of the 21st Century Skills Curriculum on the Development of Students’ Creative Thinking Skills’. Thinking Skills and Creativity 47. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101229.
Hollis, Helena. 2023. ‘Readers’ Experiences of Fiction and Nonfiction Influencing Critical Thinking’. Journal of Librarianship and Information Science 55 (1). https://doi.org/10.1177/09610006211053040.
Huang, Pingping. 2019. ‘Textbook Interaction: A Study of the Language and Cultural Contextualisation of English Learning Textbooks’. Learning, Culture and Social Interaction 21. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.02.006.
Huda, M., A.S. Ghazali, W. Siswanto, and M. Hasanah. 2020. ‘Literation of Kebinekaan in Indonesian Text Books for Senior High Schools’. International Journal of Innovation, Creativity and Change 12 (2).
Ma, Hongliang. 2021. ‘Empowering Digital Learning with Open Textbooks’. Educational Technology Research and Development 69 (1). https://doi.org/10.1007/s11423-020-09916-9.
Moate, Josephine. 2021. ‘Seeking Understanding of the Textbook-Based Character of Finnish Education’. Journal of Education for Teaching 47 (3). https://doi.org/10.1080/02607476.2021.1896341.
Paveši?, Barbara Japelj, and Gašper Cankar. 2022. ‘Textbooks and Students’ Knowledge’. Center for Educational Policy Studies Journal 12 (2). https://doi.org/10.26529/cepsj.1283.
Rahmawati, L.E., P. Octaviani, H. Kusmanto, Y. Nasucha, and M. Huda. 2021. ‘The Accuracy of Complex-Procedures Texts Material in Bahasa Indonesia Textbook for the First Grade of Senior High School’. Asian Journal of University Education 17 (1). https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12607.
Rivas, Silvia F., Carlos Saiz, and Leandro S. Almeida. 2023. ‘The Role of Critical Thinking in Predicting and Improving Academic Performance’. Sustainability 15 (2): 1527. https://doi.org/10.3390/su15021527.
Suciati, Rizkia, Abdul Gofur, Herawati Susilo, and Umie Lestari. 2022. ‘Development of Textbook Integrated of Metacognition, Critical Thinking, Islamic Values, and Character’. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi 12 (4). https://doi.org/10.47750/pegegog.12.04.03.
Sujiono, Andayani, Budhi Setiawan, and Nugraheni Eko Wardani. 2023. ‘The Effectiveness of a Textbook Based on Multicultural and Contextual Understanding as a Learning Material for Scientific Writing’. International Journal of Instruction 16 (2). https://doi.org/10.29333/iji.2023.16220a.
Suuriniemi, Salla Maaria, and Henri Satokangas. 2023. ‘Linguistic Landscape of Finnish School Textbooks’. International Journal of Multilingualism 20 (3). https://doi.org/10.1080/14790718.2021.1950726.
Weninger, Csilla. 2020. ‘Multimodality in Critical Language Textbook Analysis’. Language, Culture and Curriculum. https://doi.org/10.1080/07908318.2020.1797083.
Winarni, Retno, St Y. Slamet, and Ahmad Syawaludin. 2021. ‘Development of Indonesian Language Text Books with Multiculturalism and Character Education to Improve Traditional Poetry Writing Skills’. European Journal of Educational Research 10 (1). https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.455.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.