Pemanfaatan Media Interaktif Google Earth untuk Meningkatkan Pemahaman Spasial Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.892Kata Kunci:
Media Interaktif, Google Earth, Pemahaman SpasialAbstrak
Pembelajaran interaktif adalah pembelajaran yang mampu menghadirkan atau menunjukan sesuatu yang lebih relevan dengan perkembangan teknologi saat ini sehingga mampu menjadikan media pembelajaran yang interaktif untuk menghasilkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan kemudahan meningkatkan pemahaman spasial siswa dengan menggunakan media pembelajaran google earth. Penggunaan media interaktif google earth merupakan tindakan yang inovatif karena mampu meningkatkan pemahaman spasial dalam pembelajaran dan kemudahan fitur aplikasi dan menyediakan representasi tiga dimensi. Google earth merupakan aplikasi yang bisa di manfaatkan untuk meningkatkan pemahaman spasial dengan mampu memahami dan mengelola informasi yang berhubungan dengan ruang dan posisi dalam kemampuan menginterpretasi lingkungan sekitar. Metode yang digunakan adalah kuantitafif dengan pendekatan deskriptif. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas XI Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pemahaman spasial siswa terhadap penggunaan media interaktif google earth dengan kemampuan awal rata-rata 51,71 sedangkan kemampuan akhir rata-rata 80,57.
Referensi
Asiyah, Siti et al. 2020. “Pemanfaatan Seni Kartografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sma Negeri 1 Pemulutan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 26(1): 12.
Budiyono, Budiyono. 2020. “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Revolusi 4.0.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6(2): 300.
Dalam, S I G, and Bidang Pendidikan. 2020. “Pemanfaatan Data Spasial Melalui Sistem Informasi Geografis.” (November).
Dwi Amalia Zati, Vidya. 2019. “Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Pgsd Unimed 2(1): 38–43. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/16107.
Effendi, Darwin, and Dan Achmad Wahidy. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang: 125–29.
Hadiapurwa, Angga, Putri Riani, Mega Fitria Yulianti, and Endah Kurnia Yuningsih. 2021. “Implementasi Merdeka Belajar Untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 4(1): 115–29.
Hidayat, Karyadi, Sapriya Sapriya, Said Hamid Hasan, and Erlina Wiyanarti. 2022. “Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Hybrid.” Jurnal Basicedu 6(2): 1517–28.
Lapisa, Remon, Irma Yulia Basri, Milana Milana, and Ahmad Arif. 2019. “Review Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran: Studi Kasus SMK Di Kota Padang Panjang.” Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan 2(4): 103–9.
Marryono Jamun, Yohannes. 2018. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 10(1): 1–136.
Media, Pengembangan et al. 2020. “JDPP.” 3800.
Musriroh, Risna Zulfa, Erry Hidayanto, and Rustanto Rahardi. 2021. “Penalaran Spasial Matematis Dimensi Persepsi Dan Visualisasi Kelas VIII Dalam Pemecahan Masalah Geometri.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 6(11): 1774.
Nisa, Kamilatun, Hadi Soekamto, Satti Wagistina, and Yusuf Suharto. 2021. “Model Pembelajaran EarthComm Pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4(3): 500–510.
Nispiah, Nindah. 2023. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod Terhadap Hasil Belajar Karena Bisa Diakses Secara Online Dan.” : 9–18.
Nurrahmah, Arfatin, Fauzi Mulyatna, and Abdul Karim. 2021. “E-DIMAS.” 12(3): 407–12.
Patilima, Sarlin. 2022. “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 0(0): 228–36. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069.
Peserta, Para et al. 2019. “Model Literasi Informasi Pengajar Dalam Mengembangkan Model Kecerdasan Ruang Visual (Spatial Intelligence)?:” 4(23): 59–78.
Rahmawati, Nopriza et al. 2023. “PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.