Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Bunga Krisan (Chrysanthemum sp.) Studi Kasus di Yutaka Farm Desa Pasucen Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati
DOI:
https://doi.org/10.30595/pspfs.v4i.483Kata Kunci:
Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Saliran PemasaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, margin pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran di Yutaka Farm Desa Pasucen Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari observasi dan wawancara responden. Penentuan metode pengambilan sampel pedagang menggunakan Snowball sampling dan metode pengambilan sampel konsumen akhir menggunakan Insidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran bunga krisan mempunyai 3 pola saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran I : Produsen – Konsumen, saluran pemasaran II : Produsen – Agen – Konsumen, dan saluran pemasaran III : Produsen – Dropshipper – Konsumen. Jumlah penjualan bunga krisan pada saluran pemasaran I sebanyak 42, saluran pemasaran II sebanyak 15, saluran pemasaran III sebanyak 36. Margin pemasaran pada pola saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp 0,00 dan pola saluran pemasaran II yaitu sebesar Rp 7.500,00 serta pola saluran pemasaran III yaitu sebesar Rp 5.000,00. Tingkat efisiensi pemasaran pada pola saluran pemasaran I yaitu 0,4%, pada pola saluran pemasaran II yaitu 3,34% dan pada pola saluran pemasaran III yaitu 4,55%. Kesimpulan saluran pemasaran bunga krisan di Yutaka Farm Desa Pasucen Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati sudah efisien.
Referensi
Akhir, Resti Yanuar. 2014. Analisis Efisiensi Pemasaran Anggrek Potong Vanda Douglas Di Desa Rawakalong, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor
Asmarantaka, Ratna Winandi. 2014. Pemasaran Agribisnis (agrimarketing). PT.IPB Press: Bogor
Azwar, Saifuddin. 2003. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Daniel, Moehar. 2005. Metodelogi Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara: Jakarta
Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Bumi Aksara: Jakarta
Hanafie, Rita. 2010. Pengantar ekonomi pertanian. CV Andi Offset: Yogyakarta
Hasyim, Ali Ibrahim. 2012. Tataniaga Pertanian. Universitas Lampung: Lampung
Husna, Adrika Meliya, Renan Subantoro, Istanto. 2020. Analisis Pemasaran Kubis (Brassica Oleracea L.) (Studi Kasus Di Kelompok Tani Bumi Jaya 01 Desa Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang). Jurnal Mediagro. Vol 16 No 1. Unwahas. Semarang
Istanto, Wiludjeng Roessali, Agus Setiadi. 2016. Analisis Pemasaran Kubis (Brassica Oleracea L. Var. Cagitata L) Di Sub Terminal Agribisnis (Sta) Jetis Kabupaten Semarang. Jurnal Mediagro. Vol 12 No 2. Unwahas. Semarang
Istijanto. 2005. Riset sumber daya manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Istiyanti, Eni. 2010. Pembelajaran Konstektual (Konsep dan Aplikasi). PT Refika Aditama: Bandung
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012. 2 arti harga pas dikamus besar bahasa indonesia (KBBI). https://kbbi.lektur.id/harga-pas (Diakses 1 juli 2022)
Kohls, Richard Louis. And Joseph N Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Products. Ninth Edition. Macmillan Publishing Company: New York
Kotler, Philip. 2002. Manajemen pemasaran jilid 2. Indeks: Jakarta
Kuntjojo. 2009. Metode Penelitian . Universitas Nusantara PGRI: Kediri
Nazir, Muhammad. 2005. Metode penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta
Pitriani, Elpina dan Dani Purnama. 2015. Dropshipping Dalam Perspektif Konsep Jual Beli Islam. Jurnal JEPS. Vol 3 No 2. STEI SEBI. Jawa Barat
Sari, Nurkholida. 2008. Analisis Efisiensi Pemasaran Bunga Potong Krisan (Studi Kasus: Desa Raya, Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo). Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan
Soekartawi. 2002. Prinsip dasar manajemen pemasaran hasil-hasil pertanian: teori dan aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Sudiyono, Armand. 2002. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang: Malang
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv: Bandung
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Proceedings Series on Physical & Formal Sciences
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.