Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas IV SDN Ledug Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1613Keywords:
Model Problem Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, IPASAbstract
Berdasarkan observasi awal, penelitian ini didasari oleh keterampilan kolaborasi siswa kelas IV C SD Negeri Ledug yang masih tergolong rendah. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini diarahkan untuk menganalisis peningkatan kemampuan kolaborasi peserta didik kelas IV C SD Negeri Ledug. Analisis tersebut dilakukan dengan mengamati dampak penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlandaskan model Kemmis dan Mc. Taggart. Peserta didik kelas IV C SD Negeri Ledug, berjumlah 12 siswa, menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas dua pertemuan. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan ditetapkan pada pencapaian ketuntasan keterampilan kolaborasi minimal 75% dari seluruh siswa. Studi ini membuktikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa kelas IV C SD Negeri Ledug pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Terdapat peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi dari skor 77 di siklus pertama menjadi 84 di siklus kedua. Secara signifikan, persentase siswa yang mencapai ketuntasan juga meningkat, dari 71% di siklus I menjadi 88% di siklus II.
References
Anantyarta, Primadya., Sari, R. L. I. (2017). Keterampilan Kolaboratif dan Metakognitif melalui Multimedia Berbasis Means Ends Analysis Collaborative And Metacognitive Skills Through Multimedia Means Ends Analysis Based. Jurnal Biologi Dan Pembealajaran Biologi. 2(2), 33-43.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta
Halimatuzzuhrotulani, B. (2020). Meningkatkan kemampuan berbicara dalam diskusi dengan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VI SD Negeri 2 Suralaga 2019/2020. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65-85
Haryono. (2015). Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Penerbit Amara Books
Jufriadi, Akhmad. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 7(1), 39-53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.