Implementasi Media Sosokmaspras pada Pembelajaran Matematika Model PJBL Materi Diagram di Kelas 2 SD

Authors

  • Vika Lawnia Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kusno Kusno Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1660

Keywords:

Media Sosokmaspras, Project Based Learning, Diagram Matematika, Kelas 2 SD, Pembelajaran Kontekstual

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering kali menghadapi kendala dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak, seperti materi diagram. Minimnya media konkret kontekstual menjadi salah satu penyebab rendahnya pemahaman siswa. Penelitian ini mengkaji penerapan media Sosokmaspras—miniatur prasmanan soto khas Sokaraja—sebagai media berbasis budaya lokal yang dipadukan dengan model Project Based Learning (PJBL). Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa dan melalui kreativitas proyek pembuatan diagram secara kolaboratif. Hasil penerapan menunjukkan peningkatan signifikan: nilai rata-rata pemahaman konsep diagram naik dari 65,02 (pra-siklus) menjadi 94,00 (evaluasi akhir), dengan peningkatan kreativitas pada dimensi kefasihan (2,27?3,54), fleksibilitas (2,88?3,94), dan kebaruan (2,14?3,60). Sinergi media berbasis budaya dan pendekatan proyek memfasilitasi pembelajaran kontekstual, memicu diskusi aktif, serta mengembangkan keterampilan analisis data dan berpikir inovatif. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi kearifan lokal dalam media pembelajaran matematika mendorong keterlibatan siswa secara holistik.

References

Amelia, D., Rahmadani, F. J., Septiyani, M. N. R., Abdurrafi, M. A., & Maulidah, N. (2025). Peran Media Pembelajaran Etnomatematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 875-883. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/2953

Dasmo, D., Okyranida, I. Y., Fitrian, A., Mulyaningsih, N. N., Widiyatun, F., & Astuti, I. A. D. (2022). Analisis Persepsi Kebutuhan Guru SMA dalam Mengimplementasikan Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Budaya Lokal. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 6(2), 113-118. http://journal.unuha.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/1757

Endry, R. Z., Septiarini, D. A. P., & Zuliana, E. (2025). PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTU MEDIA PIZZA DI SDN 1 NGEMBAL. Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 20(1), 1727-1735. http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/213

Kero, M. A., & Wewe, M. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Secara Kontekstual untuk Mengaktifkan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 137-147. https://ejournal.papanda.org/index.php/jp/article/view/926

Mahendra, F. E., Sundari, S., Eregua, E. E., Setyo, A. A., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2023). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 540-545. http://www.uniflor.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/3041

Malik, M. A., & Isnaeni, W. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN MEMBATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4816-4831. http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15050

Putri, M. M., Paronda, N., & Aspikal, A. (2025). Pemanfaatan Kearifan Lokal Rumah Adat Bugis Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Wilayah Desa Tampo. Idea Pengabdian Masyarakat, 5(01), 138-143. http://ideapengabdianmasyarakat.ideajournal.id/index.php/ipm/article/view/369

Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93-98. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/668

Sintiani, M., Sukmanasa, E., & Dhiani, A. N. (2024). Pengaruh penggunaan pendekatan TaRL berbantuan media konkret papan dadu diagram terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SDN Kedung Badak 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4468-4482. http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14223

Wulandaningrum, E. A. (2021). Pengembangan Media Tiga Dimensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 5(2), 327-336. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/354

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Lawnia, V., & Kusno, K. (2025). Implementasi Media Sosokmaspras pada Pembelajaran Matematika Model PJBL Materi Diagram di Kelas 2 SD. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 632–640. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1660