Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Information and Communications Technology

Authors

  • Muhammad Sidiq Pambudi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Makhrus Makhrus Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.293

Keywords:

Media, ICT, Pembelajaran, PAI

Abstract

Perkembangan zaman saat ini cukup memberikan pengaruh signifikan di setiap lini kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengkaji penggunaan dan pengembangan media pembelajaran ICT di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga lebih spesifiknya terhadap pra, proses, dan pasca pembelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif kuantitatif (campuran). Sumber data yang yang peneliti gunakan meliputi data primer berupa wawancara dengan narasumber yaitu kepala sekolah dan guru PAI, dan sekunder yang meliputi buku, jurnal, dan literatur teks lainnya. Peneliti mengumpulkan data berdasarkan hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket yang dibagikan kepada peserta didik. Kemudian untuk analisis data yang peneliti gunakan meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Information and Communication Technology (ICT) memiliki istilah umum dimana merujuk pada teknologi komputer. Penggunaan dan pengembangan menjadi suatu hal yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran, terutama media pembelajaran. Perkembangan cukup pesat juga menjadi sebuah keharusan dalam adaptasi dengan situasai karena kehadiran teknologi-teknologi masa kini. Penggunaan ICT di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga e-learning menjadi media utama dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pesatnya perkembangan dan teknologi apalagi masih dalam situasi pandemi Covid-19. Media ICT tersebut memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya mata pelajaran PAI. Kemudian, selain dari pada manfaat terdapat kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan media ICT tersebut seperti guru yang lanjut usia karena mereka belum terbiasa dengan ICT tersebut sehingga mengharuskan adaptasi dan memerlukan. Pelaksanaan pembelajaaran menggunakan media ICT dalam terhadap mata pelajaran PAI adalah guru mempersiapkan perlengkapan mengajar berupa; administrasi, laptop, dan internet guna membuka laman elearning.smkmusaga.sch.id sebagai media utama dalam pelaksanaan pembelajaran. Selain laman tersebut guru juga menggunakan media lain guna mendukung pemaksimalan pembelajaran PAI. Setelah pembelajaran terlaksana dengan baik guru mengevaluasi hasil belajar peserta didik, seperti memberikan soal menggunakan laman elearning.smkmusaga.sch.id, selain laman tersebut guru juga menggunakan google form.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Pambudi, M. S., & Makhrus, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Information and Communications Technology. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 4, 50–61. https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.293