Teams Games Tournament dengan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Authors

  • Aslihatul Fuadah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Sukadari Sukadari Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.286

Keywords:

Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, IPS, Teams Games Tournament, Kartu Soal

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh pemilihan strategi dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pemilihan strategi dan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan aktivitas dan hasi belajar siswa. Berdasarkan data awal yang diperoleh dari tindakan pra siklus, nilai rata-rata siswa 59, dengan ketuntasan 31,25%, sehingga dapat dikatakan pembelajaran yang dilakukan guru belum berhasil. Untuk itu, perlu diadakan perbaikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media kartu soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar muatan pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Kragilan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media kartu soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus, yang pada tiap siklusnya Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar dalam tiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada variabel aktivitas siswa pada siklus I 62,5% dengan kualifikasai cukup, pada siklus II, 76,04% dengan kualifikasi baik dan pada siklus III 80,73% dengan kualifikasi baik. Sedangakan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 72, pada siklus II sebesar 73 dan pada siklus III sebesar 79. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 50%, pada siklus II, 75% dan pada siklus III, 81,25%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa model kooperatif tipe TGT dengan media kartu soal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS. Disarankan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan media kartu soal dapat diterapkan dalam mata pelajaran lain, dan guru dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

References

Salamah S, Giyat G. Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Kooperatif Model Jigsaw. GulawentahJurnal Stud Sos. 2019;4(2):114.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara; 2017.

Sukadari. Media Pembelajaran Tematik “Papan Acak Kata” Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VB SN 2 Padokan. UPY Press; 2019.

Sosialita J, Sabari DJ, Si M, Permana SA, Pd M. Kajian dan Pendidikan llmu pengetahuan Sosial. 2014;5(117).

Sutjipto KC dan B. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia;

Zaenal A. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya;

Slavin RE. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik cetakan VIII (diterjemahkan oleh Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media;

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Fuadah, A., & Sukadari, S. (2022). Teams Games Tournament dengan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 24–29. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.286

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>