Pemanfaatan Media Podcast Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Generasi Z

Authors

  • Sutrisno Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wildan Nurul Fajar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1358

Keywords:

Learning Media, Learning Innovation, Podcast

Abstract

Di era revolusi industri 5.0, dunia pendidikan memerlukan sebuah generasi yang inovatif, kreatif, serta kompetitif. Dalam dunia Pendidikan media pembelajaran harus mengikuti perkembangan zaman dan melakukan inovsi agar pembelajaran lebih menyenangkan dan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Podcast merupakan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Podcast ini disebut efektif karena podcast dapat digunakan sebagai media belajar dan pembelajaran yang variative serta memicu peserta didik untuk berfikir kritis sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki peserta didik. Tujaun penelitian ini yaitu menegtahui apakah media pembelajaran podcast sebagai inovasi pembelajaran dinilai aktif dan inovatif dalam pembelajaran di era generasi z. Metode yang di gunakan dalam penelitian yaitu penelitian kualitatif. Hasil penelitian Podcast memiliki dampak yang positif dalam dunia pendidikan antara lain: podcast dapat menjadi sumber pengajaran inovatif bagi pengajar untuk merancang kegiatan kelas, podcast membantu proses pembelajaran siswa, baik di dalam maupun di luar kelas, podcast dapat meningkatkan kesiapan dan persiapan (readiness & preparation) dari calon pengajar. Seperti halnya presentasi power point dan video kelas, podcast dapat digunakan sebagai media pembelajaran berbasis digital, podcast dapat memunculkan pemikiran yang kritis bagi peserta didik dan podcast juga dapat memperluas media media pembelajaran dengan di bagikan hasil rekaman atau video ke sosial media dan itu menjadi pembelajaran yang sangat luar biasa.

References

Anindhita W.Nugrahaeni E.Viendyasari M. (2022), The Role of Podcast as a Distance Learning Media during Covid-19 in Higher Education, Asia Pacific Journal of Management and Education. DOI: 10.32535/apjme.v5i2.1562

Drew, C. (2017). Edutaining audio: An exploration of education podcast design possibilities.

Educational Media International, 54(1), 48-62.

Diana, D., & Saputra, B. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Podcast Smamita Bercakap Dalam Pembelajaran Ekonomi Di Sma Muhamamdiyah 1 Taman. NUSANTARA, 2(3), 375-382.

Fatika N. F.Rahayu E. M. (2021), Using Podcast Media on Teaching Listening in New Normal Era Academic Journal Perspective : Education, Language, and Literature, DOI: 10.33603/perspective.v9i1.5031

Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan podcast sebagai media suplemen pembelajaran berbasis digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 11.

Laila, D. (2021). Inovasi perangkat pembelajaran menggunakan aplikasi podcast. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 7-12). FBS Unimed Press.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial.

Jurnal Golden Age, 3(02), 126-135.

Mobasheri A.Costello K. E. (2021). Podcasting: An innovative tool for enhanced osteoarthritis education and research dissemination. Osteoarthritis and Cartilage Open. DOI: 10.1016/j.ocarto.2020.100130

Merhi, M. I. (2015). Factors influencing higher education students to adopt podcast: An empirical study. Computers & Education, 83, 32-43.

Nur'aini F.Supriatna N.Ratmaningsih N.(2023) The Use of Podcast as a Creative Learning Resource in Social Studies, Jurnal Paedagogy, DOI: 10.33394/jp.v10i1.6210

Nwosu, A. C., Monnery, D., Reid, V. L., & Chapman, L. (2016). Use of podcast technology to facilitate education, communication and dissemination in palliative care: the development of the AmiPal podcast. BMJ supportive & palliative care.

Nielsen, S. N., Andersen, R. H., & Dau, S. (2018, October). Podcast as a learning media in higher education. In Proceedings of the European Conference on e-Learning, ECEL (pp. 424-430).

Rosmiati, N. S., Yuliani, A., Nur'Aini, A. S., Fauzi, H. Z. N., & Nugraha, D. (2022). Media Pembelajaran Podcast pada Mata Pelajaran IPS Memaknai Kemerdekaan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5985-5993.

Ramadhani, J. S., Firmansyah, M. B., Wilujeng, I. T., Putri, N. N., & Nafisah, D. (2023). Pemanfaatan Podcast Spotify sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135-143.

Rajic, S. (2013, September). Educational use of podcast. In The Fourth International Conference on e-Learning (pp. 90-94).

Sudarmoyo, S. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 65-73.

Syahputra, W. F., & Novrianti, N. (2022). Pengembangan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMA pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 36-45.

Sutton-Brady C.Scott K. M.Clark S. (2009), The value of using short-format podcasts to enhance learning and teaching. ALT-J, Research in Learning TechnologyVol. 17, No. 3, November 2009, 219–232. DOI: 10.1080/09687760903247609

Tara Brabazon. (2019) 1The DIY Phd Student Doctoral Education and Punking the Podcast International Journal of Social Sciences & Educational Studies. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, June 2019, Vol.5, No.4. DOI: 10.23918/ijsses.v5i4p22

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sutrisno, & Fajar, W. N. (2024). Pemanfaatan Media Podcast Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Generasi Z. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 231–233. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1358

Most read articles by the same author(s)