Pengembangan Metode Pengajaran Ilmu Tajwid SQ (Shahibul Qur’an) di MTs Muhammadiyah Patikraja
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.296Keywords:
Metode Pengajaran, Ilmu Tajwid, Shahibul Qur’anAbstract
Umat Islam memiliki kewajiban terhadap Al-Qur’an diantaranya membaca, memahami, menghafal, mengamalkan, dan kemudian mengajarkan. Oleh karena itu, mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar menjadi sangat penting. Salah satu usaha supaya umat Islam memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik dan benar adalah dengan menguasai ilmu tajwid. Maka dari itu, peneliti melakukan pengembangan terhadap metode pengajaran ilmu tajwid. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini hanya menggunakan enam tahapan, yaitu 1. Analisis Potensi dan Masalah; 2. Pengumpulan Data; 3. Desain Produk; 4. Validasi Desain; 5. Revisi Desain; 6. Uji Coba Produk. Pengembangan Metode Pengajaran Ilmu Tajwid SQ (Shahibul Qur’an) diujicobakan di MTs Muhammadiyah Patikraja, karena peneliti melihat adanya potensi dan masalah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, studi literatur, dan data primer dari angket. Kemudian, validasi produk yang dikembangkan yaitu kepada dua orang ahli diantaranya ahli materi dan ahli desain pembelajaran. Kelayakan Metode Pengajaran Ilmu Tajwid SQ (Shahibul Qur’an) berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya Metode Pengajaran Ilmu Tajwid SQ (Shahibul Qur’an) berdasarkan penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh rata-rata 4,7 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kelayakan Metode Pengajaran Ilmu Tajwid SQ (Shahibul Qur’an) berdasarkan penilaian siswa memperoleh rata-rata skor 4,6 dengan kategori sangat baik.
References
Agung Setiawan. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Tajwid Berbasis Android.
Ayi Nutfi Palufi, A. S. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. 2(1).
Bari, I. A. (2020). Tadabbur Kisah Qur’ani. Pustaka Arafah.
Dailamy. (2019). Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Trussmedia Grafika.
Eko, A. (2019). Efektivitas Metode Tsaqifa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ukhuwah Lumbung Kerep, Wonosari, Klaten.
Febriansyah. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Menggunakan Kitab Matan Al-Muqaddimah Al-Jariyyah: Studi pada Santri Mukim di Pondok Pesantren Darus Sa’adah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Tahun 2019.
Helmiati. (n.d.). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Herman, S., Samsuni, S., & Fathurohman, F. (2019). Pengembangan Sistem Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 95–101. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i2.406.95-101
Husein, T. (2017). Ilmu Tajwid. Darus Sunnah.
Ismail, A. W. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android.
Kurnaedi, A. Y. (2010). Metode Asy-Syafi’i. Pustaka Imam Syafi’i.
LPP Al-Irsyad Al-Islamiyah. (n.d.). Tartili. LPP Al-Irsyad Al-Islamiyah Purwokerto.
Mulyana, A. (2020). Penelitian Pengembangan (Research and Deveopment) Pengertian, Tujuan, dan Langkah-Langkah R&D.
Muttaqin, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Melalui Adobe Flash Player pada Mata Pelajaran Ibadah. 41–48.
Naik, Z. (2019). Miracles of Al-Qur’an & As- Sunnah (IX). Aqwam.
Nurul, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 Untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen.
Prasetiawati, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro ’ ah Berbasis An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Al- Qur ’ an. 131–146. https://doi.org/10.19105/tjpi.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Sudrajat, A. (2003). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. 1.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryandari, R. F. (2020). Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Keaktivan Belajar Siswa Melalui Metode Ceramah Bervariasi di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.
Taqwim, U. (2003). Tsaqifa. Adz-Dzikr Magelang.
Teti Nurhayati, Euis Cici Nurunnisa, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra’ (Penelitian Tindakan Kelas di Raudhatul Athfal Daarul Hikmah Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis). 3.
Ulfah. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al- Qur’an. 2(2), 59–69.
Wulan, R., Saputra, E., & Haries, A. (2018). Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf pada Lansia. 01(01), 48–54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.