Penanaman Cinta Alquran dengan Metode Tadarus di Majelis Taklim Mushola Tasdiqul Iman Desa Gebangsari Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas

Authors

  • Imam Teguh Prayitno Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Makhful Makhful Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v11i.762

Keywords:

Cinta Alquran, Metode Tadarus, Majelis Taklim, Mushola

Abstract

Permasalahan moral yang ada di masyarakat semakin hari cenderung semakin menurun disebabkan karena jauhnya umat Islam dari panduan hidupnya yaitu Alquran serta minimnya pembinaan yang serius di masyarakat. Aturan yang dibuat manusia tidak cukup untuk membuat manusia itu tunduk dan patuh hingga menjadikan manusia itu memiliki karakter dan kepribadian yang baik sehingga butuh aturan-aturan yang agama untuk dijadikan sebagai sebuah acuan oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penanaman cinta Alquran dengan Metode Tadarus di majelis taklim mushola tasdiqul iman Desa Gebangsari Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan subjek penelitian ustadz dan jamaah majelis taklim mushola Tasdiqul Iman, Tambak, Banyumas. Metode pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecintaan masyarakat terhadap Alquran dengan metode tadarus yang dibuktikan dengan terpenuhinya beberapa indikator cinta Alquran yakni banyaknya masyarakat yang berinteraksi dengan Alquran, tumbuhnya kemauan yang sungguh-sungguh untuk dapat memahami isi Alquran dengan benar, rajin mendatangi majelis ilmu yang mempelajari Alquran, berusaha mengimani dan mengamalkan isi kandungan Alquran, serta jamaah mulai merubah cara hidup dengan menjadikan Alquran sebagai dasar dalam segala tindakan dan cara berpikirnya.

References

Abdurrachman, R., & Makhful, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Negeri 5 Purbalingga. Alhamra: Jurnal Studi Islam, 1(2), 140–147.

Ahmad, H. Bin. (2011). Kitabut Tashrif. Bangil: Ribhaan. T. Thn Hikmat, Manajemen pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Arifin, M. (2003). Ilmu Pendidikan Islam. jakarta: bumi aksara.

Daradjat, Z. (1996). Metodologi pengajaran agama Islam. Bumi Aksara: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Nata, D. R. H. A. (2015). Studi Islam Komprehensif. Prenada Media. Nizhan, A. (2008). buku pintar Al-Quran. QultumMedia.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik anak: membaca, menulis dan mencintai Al-Quran. Gema Insani.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Prayitno, I. T., & Makhful, M. (2023). Penanaman Cinta Alquran dengan Metode Tadarus di Majelis Taklim Mushola Tasdiqul Iman Desa Gebangsari Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 11, 58–61. https://doi.org/10.30595/pssh.v11i.762

Most read articles by the same author(s)