Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal melalui Pemanfaatan Batik Lasem
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.332Keywords:
History learning, local wisdom, Lasem batik, historical sourcesReferences
Sukadari,Dr. (2018). Model PendidikanKarakterBerbasisKearifanSosial BudayaLokalbagi SiswaSekolah dasar.
Novianto, V., Yogiarni, T., &Meidasari, V. E. (2019). Creative economy education-based preservation of geblegrenteng batik culture in KulonProgo district. Social Values & Society (SVS), 1(3), 04-06.
Suryandari, E., Soesilowatii, E., &Banowati, E. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MASYARAKAT BERBASIS WISATABUDAYA DENGAN PENDEKATAN KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WADUK GUNUNGRAWA KABUPATEN PATI. Journal of Educational Social Studies, 4(1).
Safitri, A., &Refinaldi, R. (2020). UrgensiKompetensiKepribadian Guru dalam PembelajaranSejarah. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 2(2), 77-84.
Rizali, N. (2018, July). Element of Design in Batik Tiga Negeri, Lasem. In 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018) (pp. 103-105).
Enrico, E., Sunarya, Y. Y., &Hutama, K. (2020). PERANCANGAN MOTIF BATIK KONTEMPORER BERBASIS ESTETIKA BUDAYA MOTIF BATIK LASEM. Jurnal SenidanRekaRancang: JurnalIlmiah Magister Desain, 2(2), 161-172.
Purnamasari, I. (2011). Pengembangan model pembelajaransejarahberbasissitussejarahlokal di SMA negerikabupatentemanggung. Paramita: Historical Studies Journal, 21(2).
Pramayogi, I., &Hartanto, W. (2019). InovasipembelajaranSejarah. SINDANG: jurnalPendidikanSejarahdan Kajian Sejarah, 1(2), 17-22.
Nurvitasari, T. (2016). Implementasi Model CTlDengan Media VisualisasiKampung Batik LaweyanUntuk MeningkatkanPreastasiBelajarSejarahdanKecintaanSiswaPadaBuadayaLokalKelas XI-IPA 2 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Hayati, I. N. (2020). Perancanganpusatedukasi batik Lasem di KecamatanLasemdenganpendekatan Extending Tradition (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negerimaulana Malik Ibrahim).