Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Picture And Picture pada Materi Muatan IPS Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.340Keywords:
Picture and Picture, Learning Motivation, Social Studies LearningAbstract
Low learning motivation of student at elementary schools becomes a problem for students as well as teacher. Low motivation will affect the students’ achievement. This also will make teachers difficult to meet the learning aims. This problem needs solution. Teachers need to use contain models of teaching and learning activities in order to improve the students’ motivation. One of model used by the writer is picture and picture model. Picture and picture model of teaching and learning is model in which teacher use pictures as the main component. Briefly, students should arrange the picture. Chronologically in order that they become a story. Students do this activity in groups. Using the picture and picture model of teaching and learning result in the higher motivation of students in learning. In addition, the teaching learning activity become more interesting to students.
References
Adirestuty, F. (2019). Pengaruh self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal wahana pendidikan, 4(1), 54-67.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 11(3), 234-241.
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278-285.
Hidayat, F., & Maba, A. P. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap kepribadian anak sekolah dasar: studi kasus pada siswa ‘X’. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-13.
Hieronymus Purwanta, Victor Novianto, dan Sriyanto, 2019. Variabel-Variabel Esensial Penelitian Pendidikan: Pembelajaran hal 25-28, UNS Press
Kharis, A. (2019). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran picture and picture berbasis IT pada tematik. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3).
Kirana, K. T. (2021). PEMBELAJARAN DARING MUATAN PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS V SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 291-305.
Kurniawan, A., & Masjudin, M. (2018, March). Pengembangan buku ajar microteaching berbasis praktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp. 9-16).
Lasfiani, E. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Variasi Pada Mahasiswa Semester 6 PGSD Universitas Muhammadiayah Purworejo. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 139-145.
Octaviani, S., & Tias, I. W. U. (2022). Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswi PGPAUD pada Kelas Microteaching Melalui Metode Drill and Practice. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2).
Pratama, A. P. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa sd. Mahaguru: jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 2(1), 88-95.
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1-14.
Rosmanah, Y. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Materi Caption Menggunakan Media Instagram Siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto tahun Pelajaran 2020/2021. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 43-50.
Samitra, D., & Yuneti, A. (2020). Penerapan model pembelajaran Picture and picture terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(1), 34-41.
Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149-155.
Salamah, S., & Giyat, G. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Kooperatif Model Jigsaw. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 4(2), 114-121.
Sukadari, S. (2019). Media Pembelajaran Tematik “ PAPAN ACAK KATA” untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas V B SD N 2 Padokan. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(1).
Sukadari, S. (2021). Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Sangat Dibutuhkan. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 67-74.
Sukadari. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah.Yogyakarta: Kanwa Publisher: 65
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.
Ummah, F., Rahayu, D. W., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3001-3009.
Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.