Model Sugesti-Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi Multikultural dan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1322Kata Kunci:
Sugesti-Imajinasi, Multikultural, Karakter, Menullis Puisi, Pemusatan KonsentrasiAbstrak
Model Sugesti-Imajinasi pada pembelajaran menulis puisi berkonteks multikultural dan pendidikan karakter dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya pembelajaran menulis puisi di SMA. Pemusatan konsentrasi belajar peserta didik dan pengembangan daya imajinasinya ketika mengekspresikan ide/gagasannya ke dalam bentuk puisi menjadi isu penting dalam makalah ini. Model ini dikembangkan dengan Research and Development model Borg dan Gall. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri Cicalengka Kabupaten Bandung. Analisis kebutuhan dilakukan melalui pengamatan kelas, angket guru, dan wawancara kepada guru dan peserta didik. Model Sugesti-Imajinatif direkomendasikan kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran menulis teks puisi dimensi multikutural dan pendidikan karakter. Tahapan model Sugesti-Imajinatif, meliputi relaksasi, memotivasi pikiran, membangun emosi, pemrograman diri, mengekspresikan pikiran, dan merefleksikan hasil belajar. Hasil uji coba model menunjukkan persentase capaian ketuntasan keterampilan menulis puisi sebesar 75,7% atau cukup memuaskan.
Referensi
Al-afandi, A. (2022). METODE PEMBELAJARAN SASTRA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Guru Tua?: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 41–48. https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i1.93
Alfasanah, A. I., & Hayati, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Sugesti Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi pada Peserta didik Kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja.
Anisia, N., Hasanudin, C., & Rohman, N. (2023). Penerapan Metode Sugesti Imajinasi dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi.
Ariati, N. N. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Sugesti-Imajinasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Menulis Cerpen Peserta didik. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.409
Armariena, D. N. (2018). PENULISAN PUISI BERTEMA LOKAL BUDAYA DENGAN MODEL SUGESTI IMAJINASI MAHAPESERTA DIDIK. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2248
Asari, D. A. (2020). PENGGUNAAN METODE SUGESTI IMAJINASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Didaktika Dwija Indria, 8(6). https://doi.org/10.20961/ddi.v8i01.39707
Fadli, M. U. (2021). TEORI BELAJAR HUMANISTIK CARL ROGERS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al Ghazali, 4(1), 18–29. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v4i1.199
Hasanudin, A., & Subaweh, A. M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK. Anafora: Jurnal Penelitian Mahapeserta didik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.25134/ajpm.v4i1.67
Insani, F. D. (2019). TEORI BELAJAR HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW DAN CARL ROGERS SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209–230. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.140
Julianto, I. R. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN TEKNIK AKROSTIK. Al-Ihda’?: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 19(2), 1521–1529. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.157
Murniviyanti, L., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Dampak baik penulisan puisi untuk pengembangan nilai karakter berbasis multikultural di sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 801. https://doi.org/10.29210/021183jpgi0005
Nur Amalia, Nur Aini Puspita Sari, & Rida Tania Noviani. (2020). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SUGESTI IMAJINASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 48 JAKARTA. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i1.333
Oktaviani, D., Nila Safina, & Ratna Soraya. (2021). Pengaruh Model Sugesti – Imajinasi dengan Media Lagu Bunda terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Peserta didik Kelas XI SMK Swasta YPK Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(1), 1–3. https://doi.org/10.57251/sin.v1i1.115
Puspasari, Q. K., & Setyaningsih, N. H. (2020). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MODEL SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 19–25. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i1.27572
Setiani, H., Zulaeha, I., & Naryatmojo, D. L. (2024). Quality of Differentiated Indonesian Language Learning Process at Vocational High Schools in the Digital Era.
Sutikno, S. (2016). PENGEMBANGAN MODEL SINEKTIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERKONTEKS MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMA. Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 221. https://doi.org/10.24235/ileal.v1i2.225
Sutikno, S., Winarni, R., Suyitno, S., & Wardani, N. E. (2020). Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah Menengah Atas. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 128. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7338
Zahrina, L. N., & Qomariyah, U. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI MELALUI STRATEGI JOYFULL LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 7 SEMARANG.
Zulaeha, I., Diner, L., Suratno, S., Hasanudin, C., & Supriyono, A. Y. (2024). TEACHING MATERIAL ON MOBILE LEARNING-BASED DIGITAL LITERACY AS A PREVENTIVE MEASURE FOR SOCIAL MEDIA CONFLICT. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 17(1). https://doi.org/10.26858/retorika.v17i1.54033
Zulaeha, I., Wagiran, W., & Yuniawan, T. (2019). Teaching Material for Human Literacy: Multicultural-Charged Explanatory Text for Reducing Social Con?ict. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v3i18.4736
Zulaeha, Ida. 2016. Teori, Model, dan Implementasi Pembelajaran Menulis Kreatif. Semarang: Unnes Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.