Pengaruh Kegiatan Kajian Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah Terhadap Pengamalan Ibadah Santri
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.300Kata Kunci:
Islam, Himpunan Putusan Tarjih, IbadahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelaksanaan kegiatan kajian Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah terhadap pengamalan ibadah santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data korelasi pearson product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh antara kegiatan kajian Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah dengan pengamalan ibadah santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kabupaten Tegal. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi pearson product moment sebesar 0,185 sedangkan nilai r hitung pada signifikansi 5% diperoleh sebesar 0,433 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh sebesar 0,549 sehingga r hitung < r tabel atau 0,185 < 0,433 dengan demikian maka ditolak dan diterima, berarti tidak ada pengaruh kegiatan kajian Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah terhadap pengamalan ibadah santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kabupaten Tegal.
Referensi
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Efendi, A. (2008). Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia. El-Tarbawi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art1
Hazmi, M., Putra, D. W., Gunasti, A., & Jalil, A. (2020). Ideologi Muhammadiyah. In Ideologi Muhammadiyah (Issue July). https://doi.org/10.32528/342988839_ideologi
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenada Media Group.
SISDIKNAS, U. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Afabeta.
Wahyudhiana, & Darodjat, D. (2015). Model manajemen kelas: Pembelajaran Aktif, Kreati, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Islamadina, XV.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.