Efektivitas Media Microsoft Power Point dalam Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.294Keywords:
Efektivitas Media Microsoft Power Point, Peningkatan Minat Belajar, PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana keefektifan media Microsoft Power Point dalam peningkatkan minat belajar PAI pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pelaksanaan tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket dengan Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualititaf berupa reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan rumus efektifitas dan kuantitaf menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa efektivitas media microsoft power point dalam peningkatan minat belajar Pai pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang yaitu efektif dengan siswa aktif dan antusias pada saat pembelajaran. berdasarkan nilai rata pada angket juga mengalami kenaikan pada saat siklus pertama 68,8% sedangkan pada siklus ke dua 76,14 jadi ada peningkatan minat belajar PAI.
References
Ahmad, & Darodjat. (2020). Kreativitas Guru PAI dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Purwokerto. Jurnal Studi Islam, 1(2), 104–108.
Fitria. (2012). Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusi di Sekolah Dasar. E-JUPEKhu Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 93. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Khaerunnisa, & DKK. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41.
Kusumawati, & Mariono. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asemjajar-Surabaya. Teknologi Teknologi Pendidikan, 4(1), 24–32.
Neyfa, & Tamara. (2016). Special Meeting of Council. British Medical Journal, 1(6001), 107–109. https://doi.org/10.1136/bmj.1.6001.107
Nurhidayati, & Dkk. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184
Purwanto, & DKK. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1700–1705.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.