Efektivitas Media Microsoft Power Point dalam Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Atika Sari Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Darodjat Darodjat Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.294

Keywords:

Efektivitas Media Microsoft Power Point, Peningkatan Minat Belajar, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana keefektifan media Microsoft Power Point dalam peningkatkan minat belajar PAI pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pelaksanaan tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket dengan Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualititaf berupa reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan rumus efektifitas dan kuantitaf menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa efektivitas media microsoft power point dalam peningkatan minat belajar Pai pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang yaitu efektif dengan siswa aktif dan antusias pada saat pembelajaran. berdasarkan nilai rata pada angket juga mengalami kenaikan pada saat siklus pertama 68,8% sedangkan pada siklus ke dua 76,14 jadi ada peningkatan minat belajar PAI.

References

Ahmad, & Darodjat. (2020). Kreativitas Guru PAI dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Purwokerto. Jurnal Studi Islam, 1(2), 104–108.

Fitria. (2012). Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusi di Sekolah Dasar. E-JUPEKhu Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 93. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Khaerunnisa, & DKK. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41.

Kusumawati, & Mariono. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asemjajar-Surabaya. Teknologi Teknologi Pendidikan, 4(1), 24–32.

Neyfa, & Tamara. (2016). Special Meeting of Council. British Medical Journal, 1(6001), 107–109. https://doi.org/10.1136/bmj.1.6001.107

Nurhidayati, & Dkk. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Purwanto, & DKK. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1700–1705.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Sari, A., & Darodjat, D. (2022). Efektivitas Media Microsoft Power Point dalam Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 4, 63–65. https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.294

Most read articles by the same author(s)