Penggunaan SWAY Sebagai Media Bahan Ajar Sejarah untuk Meningkatkan TPACK Guru
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.669Kata Kunci:
TPACK, Sway, Microsoft 365Abstrak
History lessons often become boring lessons because teachers often use one-way lecture methods, so learning becomes monotonous and makes students bored. Increasing teacher competence in mastering TPACK is expected to increase interaction and get students to learn history. Sway is an application contained in one of the Microsoft 365 features in the form of multimodal text, combining text, images, and videos. It can even be integrated with other applications through YouTube links, quizzes, or other forms of tests.
Referensi
I Gde Widja. 1989. Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana
Setianto, Yudi.2011. Hakekat Pembelajaran Sejarah dan Permasalahannya, Asosiasi Widyaiswara Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial
(https://asosiasiwipknips.wordpress.com/2011/09/26/artikel-sejarah)
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006
Nurdyansyah Nahdliyah, Mutala’liah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/7410)
Hutama, FS. 2016 Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using untuk siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Indonesia Vol.5 No 2 (https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359)
Khoirul Huda, Pengembangan Media Pembelajaran IPS Sejarah melalui Aplikasi Swa berkonten Indis di SMP Negeri 8 Madiun, Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Madiun Jurnal HISTORIA Volume 5, Nomor 2, Tahun 2017, ISSN 2337-4713 (e-ISSN 2442-8728)
Eko Lannueardy, 2015 dalam http://id.news.qa1p.global.media.yahoo.com/sway-digital-storytelling-tooldari-microsoft-kini-hadir075940920.html)
https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pemanfaatan-microsoft-sway-dalam-pembelajaran/
http://repository.unpas.ac.id/43605/5/15.%20BAB%20II.pdf
Rahmadi, Imam Fitri. 2019. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 6 No. 1 Maret 2019
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.