Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web pada SMA

Authors

  • Anisah Fadhilah Putri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Ahmad Ridoh Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Fauziah Fauziah Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v18i.1226

Keywords:

Sistem Informasi, Bimbingan Konseling, Website, Perancangan, Waterfall

Abstract

Berdasarkan observasi di SMA Negeri 4 Bungo, ditemukan bahwa belum tersedia sistem informasi untuk membantu guru BK/konselor mengelola data. Pendataan siswa dan pelanggaran masih dilakukan secara manual dengan mencatat di buku dan tejadinya pemborosan kertas. Selain dari itu membutuhkan waktu lama untuk rekap dan pembaruan data. Serta banyaknya data siswa yang menjadi kendala dalam pencatatan data, dan pencarian. Hal ini mengakibatkan guru BK tidak dapat mengetahui riwayat pelanggaran siswa dikarenakan dalam pencatatan dilakukan dalam lembar yang berbeda-beda dan kurang terdokumentasi secara baik. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi bimbingan konseling berbasis web pada SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model waterfall. Tahapannya meliputi analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan sistem. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode pengujian menggunakan black box testing functionality dan usability. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengujian functionality mendapatkan nilai dengan persentase 100%. Menunjukan kualitas perangkat lunak dari sisi functionality dapat dikatakan baik dengan X lebih dari 0,5 dan mendekati 1 (Layak) digunakan untuk mendukung pengelolaan bimbingan konseling karena sistem telah lolos dalam uji functionality. (2) Pengujian usability diperoleh hasil dengan persentase 96% (Sangat Layak).

References

Handoko. 2020. Layanan Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Kota Metro. Jurnal Dewantara, 71.

Hasanah, Untari. 2020. Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Mukti, A. R. 2022. Implementasi Web Engineering pada Sistem Dokumen Elektronik Berkas Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru di Universitas Bina Darma. Jurnal Kewarganegaraan, 4333.

Prabowo, M. 2020. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Salatiga: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga.

Rahman, Saudin. 2022. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Rosa, A.S & Shalahudin, M. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika Bandung.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winaryati, E. 2021. Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial). Jogjakarta dan Jawa Timur: KBM Indonesia.

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Putri, A. F., Ridoh, A., & Fauziah, F. (2024). Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web pada SMA. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 18, 58–64. https://doi.org/10.30595/pssh.v18i.1226