Profil Pembelajaran IPA Berbasis Socio-Saintific Issues dan Sikap Kesadaran Lingkungan Siswa di SMA Negeri Kabupaten Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v18i.1262Keywords:
Profil Pembelajaran IPA, Socio-Saintific Issues, Kesadaran LingkunganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan profil pembelajaran IPA berbasis Socio-saintific Issues dan sikap kesadaran lingkungan siswa di SMA Negeri Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah SMA Negeri di Kabupaten Banyumas yang berjumlah 14. Sampel yang digunakan dalam penelitian diambil 20% dari populasi sehingga diperoleh 4 SMA Negeri yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Subyek penelitian adalah guru IPA (Biologi, Fisika, dan Kimia) dan siswa kelas X. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pengisian kuisioner/angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik persentase, hasil angket dikuatkan dengan hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa profil pembelajaran IPA berbasis SSI di SMA Negeri Kabupaten Banyumas berada pada kategori tinggi (84%) dan sikap kesadaran lingkungan siswa berada pada kategori sedang (71%). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis SSI sudah diterapkan di SMA Negeri Kabupaten Banyumas dan siswa di SMA Negeri Kabupaten Banyumas masih kurang sadar terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.
References
Alwi, I. (2015). Kriteria empirik dalam menentukan ukuran sampel pada pengujian hipotesis statistika dan analisis butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 140-148.
Annur, S. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 251-255.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bappenas. (2015). Laporan Pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium di Indonesia. Jakarta : Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
Barrett, SE, & Nieswandt, M. (2010). Pengajaran Tentang Etika Melalui Isu-Isu Sosiosaintifik Dalam Fisika dan Kimia: Keyakinan Calon Guru. Jurnal Penelitian Pengajaran Sains, 47 , 380-401.
Chodijah, S., & Ratnasari, J. (2020). Kerusakan Lingkungan Menurut Sains Dan Ahmad Mustafa Al-Maraghi (Studi Tafsir al-Maraghi Pada Surat Al-Rum ayat 41, Al-Mulk ayat 3-4 dan Al-Araf ayat 56). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 5(01), 121-136.
Djumadi, D., Astuti, R., Agustina, L., & Kusumadani, Al. (2021). Model Pembelajaran Sosiosaintifik Blended Project-Based Learning (PJBL) Dalam Pembelajaran IPA di SMP/MTS Se-Boyolali. Jurnal TUNAS, 3(1), 134-140
Gustiawan, L., Yusup, M., & Kistiono. (2023). Teacher Percepitons of The Use of Socioientific Issues in Science Learning in Middle Schools of Tanjung Sakti District PUMI and Tanjung Sakti District PUMU. JIPI, 7(1), 28-39. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.29394
Handayani, A., & Purwanti, W. H. (2018). Pengaruh Pendekatan Socio-Scientific Issues Terhadap Enviromental Literacy Siswa SMP. Jurnal TPACK IPA, 7(8), 419-422.
Khataybeh, A., Subbarini, M., Shurman, S. (2010). Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan, Perspektif Internasional. Procedia Social and Behavior Sciences, 5, 559-603.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.