Implementasi Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Kelas 8A di SMPN 2 Jatilawang
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.903Keywords:
Model Pembelajaran, Predict- Observe-Explain (POE), Keterampilan Proses Sains (KPS)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dasar siswa kelas 8A di SMPN 2 Jatilawang melalui model Predict-Observe- Explain (POE) dan mengetahui peningkatan aspek KPS setelah diterapkan model POE. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah kelas 8A tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, test, angket dan wawancara. Pengambilan data menggunakan triangulasi data. Kesimpulan rata-rata nilai KPS pra siklus 43,09% dengan kategori kurang sekali dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 50,36% kategori kurang sekali dan meningkat pada siklus II 63,65% dengan kategori cukup. Rata-rata respon siswa 77,35% dengan kategori positif. Aspek KPS yang meningkat yaitu mengamati, meramalkan, mengkomunikasikan. Hal ini menunjukkan bahwa model POE dapat meningkatkan keterampilan proses sains dasar siswa dengan peningkatan aspek yang optimal pada aspek mengamati, meramalkan dan mengkomunikasikan.
References
Agustina, P., & Saputra, A. 2016. Analisis keterampilan proses sains (KPS) dasar mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah anatomi tumbuhan (Studi kasus mahasiswa prodi pendidikan biologi FKIP UMS tahun ajaran 2015/2016). In Prosiding Seminal Nasional Pendidikan Sains (SNPS) (pp. 71–78). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snp s/article/view/9816
Airlanda, G.S., & Sudarisman, S. 2011. Festival Sains dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 13 ,2011, 16-34. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/748/416
Anisa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explaination) dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam, Basa, dan Garam Kelas VII Semester 1 SMP N 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), ISSN 2337-9995, 16-23
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata
Artistiana, N. R. 2013. Mengenal dan Mempraktekkan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Sahala Adidayatama.
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains. Jakarta : Depdiknas.
Darmodjo, H & Jenny R. E. Kaligis. 1992/1993. Pendidikan IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dökmea, Ilbilge, Ayd?nl? Emek. 2009. “Turkish Primary School Students’ Performance On Basic Science Process Skills”. World Conference on Educational Sciences.
Gagne. 2014. Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta : PT Asdi Mahasatya
Hamzah B. Uno. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Professional. Jakarta: Bumi Aksara, hal. 41
Ibrahim, Muslimin. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press
Iskandar, Dadang dan Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap : Ihya Media
Ismayanti, I. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Biologi Di MTs Aisyiyah Binjai. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Joyce. C. 2006. Predict, Observe, Explain (POE). Tersedia di http://arb.nzcer.org.nz/strategies/poe.php Diakses pada tanggal 5 Februari 2023.
Kartimi, K., Gloria, R. Y., & Aryani, A. 2013. Penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran biologi untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem kelas VII di SMPN 1
TALUN. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v2i1.524
Liew, C. –w., & Treagust, D. F. 2009. The Effectiveness of Predict-Observe-Explain Tasks in Diagnosing Students’ Understanding of Science and in Identifying Their Levels of Acheivement. Science and Mathematics Education Center, 3.
Miles, M. B. & Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit. Universitas Indonesia
Nugraha, D. A., Dimas, A., Cari, C., Suparmi, A., & Sunarno, W. (2019). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 174–179
Nurliana, H.R., N.B.Santoso, K.Siadi. 2012. Pengaruh Penerapan Metode PredictObserve-Explain dengan Pendekatan Creative Problem Solving. Chemistry in Education, 2(1): 87-94. Tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/sju/index.ph p/chemined [diakses pada 2 Maret 2023]
Ozgelen, S. 2012. Students’ science process skills within a cognitive domain framework. eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 8(4), 283-292.q
Restami, M.P., K. Suma dan M. Pujani. 2013. Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan sikap ilmiah ditinjau dari gaya belajar peserta didik. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3:1-13.
Rifqiawati, I., Wahyuni, I., & Rahman, A. 2017. Pengaruh metode field trip dengan pemanfaatan rumpon buatan terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah di SMP Satu Atap Pulau Tunda. Biodidaktika Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 12(1), 23–30. https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v12i 1.1832
Rustaman, N & Rustaman A. 2007. Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Dalam Hand Out Bahan Pelatihan Guru-guru IPA SLTP Se Kota Bandung di PPG IPA. Depdiknas
Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press
Septiyana, A., A.P.B. Prasetyo & W. Christijanti. 2013. Jurnal Belajar Sebagai Strategi Berpikir Metakognitif Pada Pembelajaran Sistem Imunitas. Unnes Journal of Biology Education, 2(1): 1-9. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ ujeb [diakses pada 2 Maret 2023]
Sudarwan, D. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, Permanasan, A., Hamidah I., & Widodo, A. 2013. “The Profile of Science Process Skill (SPS) Student at secondary High School (Case Study in Jambi)”. International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER), www.ijser.in. Volume 1 Issue 1, September 2013.
Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Kontruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Syaipul Hayat, Anggraeini S & Redjeki. 2011. Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma, vo. I, no. 2, h. 142, http://e- jurnal.ikippgrismg.ac.id/index.php/bioma/article/view File/352/306 Diakses pada 12 Desember 2022
Syamsiana, F., Suyatno, Titik, T., 2018. The Effectiveness Of Using POE (Predict-Observe-Explain) Strategy On Students’ Learning Result Of Reaction Rate Chapter In SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1507-1512.
Wahyudi, A., Marjono, & Harlita. 2015. “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Bio-Pedagogi Vol. 4, No. 1. 5-11 : Universitas Sebelas Maret. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/5350/4748
Yunita. 2012. Model-model Pembelajaran Kimia. Bandung: CV Insan Mandiri
Zeidan, Afif Hafez, Majdi Rashed Jayosi. 2015. “Science Process Skill and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students”.World Journal of Education, Vol. 5, No. 1, 2015.
Zulaeha, I.W, Darmadi, & K. Werdhiana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Balaesang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(2): 1-8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.