Analisis Kebutuhan Guru Rumpun IPA Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Kabupaten Banyumas

Authors

  • Devi Avrida Dheafriska Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Mufida Nofiana Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.883

Keywords:

Kebutuhan Guru IPA, Kurikulum Merdeka, SMA Negeri Kabupaten Banyumas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru IPA dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri di Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian adalah metode campuran. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat setuju (82,5%) dengan perlunya beberapa perangkat pembelajaran dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Perangkat pembelajaran yang dibutuhkan guru antara lain dokumen rencana pembelajaran (74%) yang berisi pembelajaran interaktif (85%), Penilaian (85%), dan laporan kemajuan belajar siswa (84%).

References

Anwar, R.N. 2022. Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98-109.

Faiz, A., et al. 2022. Paradigma Baru Dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 1544-1550.

Fitriyah, C.Z., & Wardani, R.P. 2022. Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. 236-243.

Kemdikbud. 2020. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. https://www.kemdikbud.go.id/Main/Blog/2020/06/Buku-Saku-Panduan-Pembelajaran-DiMasa-Pandemi Covid19.

Kemendikbud. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Manalu, J. B., Sitohang, P. & Turnip, Netty H.H. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar. Vol 1 No 1.

Maulida, U. 2022. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138.

Purnawanto, Ahmad Teguh. 2022. Perencanaan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy 20(1): 75-94.

Qomariah. 2014. Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. IKIP Veteran Semarang, 2(1), 21-34.

Rahmadayanti, D. & Hartoyo, A. 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Risdianto, Eko. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Riyanto, E. Armada. 2009. "Politik, Sejarah, Identitas, Postmodernitas: Rivalitas dan Harmonisasinya di Indonesia (sketsa-filosofis-fenomenologis)", Pidato Pengukuhan Guru Besar. Malang: Widya Sasana Publication.

Safitri, Andriani., Wulandari, Dwi & Herlambang, Yusuf Tri. 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasu Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, Vol 6 No 4.

Sari, Faradilla Intan., Sunendar, Dadang & Anshori, Dadang. 2023. Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 5 No.1.

Setiawan, R.,et al. 2022. Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Penelitian, Bahasa, Sastra, Budaya, dan Seni. Vol.2 No.2.

Sujana, A. 2013. Pendidikan IPA. Bandung: Rizqi Press.

Sutanto, Purwadi. 2020. Buku Saku Merdeka Belajar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningsih, Aris., Faradita, Meirza Nanda & Setiawan, Fajar. 2022. Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD Muhammadiyah 9 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol VI No 1.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Dheafriska, D. A., & Nofiana, M. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Rumpun IPA Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Kabupaten Banyumas. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 58–67. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.883