Meningkatkan Literasi Digital dengan Menggunakan Karakter Wayang untuk Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1315Keywords:
Sekolah Dasar, Buku Bacaan Digital, Punakawan, Kearifan LokalAbstract
Literasi digital untuk siswa sekolah dasar memainkan peran penting dalam metode pembangunan karakter siswa sekolah dasar. Demikian juga, peran pendidikan karakter sangat dibutuhkan oleh pemerintah sebagai dasar pendidikan di negara ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi identitas penokohan Punakawan dalam nilai-nilai kearifan lokal dalam bacaan siswa sekolah dasar di Kabupaten Sukoharjo. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Sumber informasi berasal dari buku bacaan digital untuk siswa sekolah dasar yang berjudul Wayangku Budayaku. Buku bacaan digital ini disusun oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Terdapat empat pilihan unit area pada buku bacaan digital ini, yaitu unit area yang berkaitan dengan; pengertian, tokoh wayang, alat musik, dan kuis. Buku digital ini membahas tentang tokoh-tokoh pewayangan, khususnya Pandawa dan Punakawan. Peneliti memilih Punakawan agar siswa sekolah dasar dapat memahami karakter-karakter dalam wayang Punakawan secara lebih detail. Dari buku bacaan digital ini, informasi yang terkait dengan pengetahuan asli dapat diambil. Dengan adanya buku bacaan digital ini, diharapkan siswa sekolah dasar dapat mulai menyukai budaya daerah yang sudah diperkenalkan sejak awal saat mereka duduk di bangku sekolah dasar.
References
Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Putri, E. (2021). Fostering Students’ Environmental Care Characters Through Local Wisdom-Based Teaching Materials. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 152–162.
Blomquist, S. (2021). Blending English and Environmental studies: a material package for integrating English and Environmental studies.
Fadhilah, A. N., & Rahmawati, L. E. (2020). Muatan Kearifan Lokal pada Buku Bacaan Siswa Terbitan Kemdikbud. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(3), 317–330. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0002-1306-8640
Feathers, K. M. (2004). Infotext: Reading and learning (Vol. 24). Pippin Publishing Corporation.
Feathers, K. M., & Arya, P. (2015). Exploring Young Children’s Patterns of Image Use in a Picturebook. Language & Literacy: A Canadian Educational E-Journal, 17(1).
Fountas, I. C., & Pinnell, G. S. (2012). Guided Reading: The Romance and the Reality. The Reading Teacher, 66(4), 268–284. https://doi.org/10.1002/TRTR.01123
Mayembe, E., & Nsabata, S. (2020). Print-Based Learning Media. Journal Educational Verkenning, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.48173/jev.v1i1.23
McCrindle, C. M. E., & Odendaal, J. S. J. (1994). Animals in Books Used for Preschool Children. Anthrozoös, 7(2), 135–146. https://doi.org/10.2752/089279394787001998
McGowan, T. M. (2010). The Kamishibai Classroom: Engaging Multiple Literacies Through the Art of" paper Theater". Bloomsbury Publishing USA.
Muharom Albantani, A., & Madkur, A. (2018). Think Globally, Act Locally: The Strategy of Incorporating Local Wisdom in Foreign Language Teaching in Indonesia. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(2), 1. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.2p.1
Muharrom, M. A. S. (2014). Keraton Dan Politik (Konflik Keraton Surakarta Hadiningrat Pasca Wafatnya Paku Buwono XII). Ilmu Hubungan Internasional - UIN Jakarta.
Nova Sulistiani, F., Widiastuti, S., & Fauzi, A. (2022). Pengembangan Buku Cekawan (Cerita Punokawan) Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia?: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i5.338
Nurgiyantoro–Sugirin, D. I. (2005). Literature-Based reading material for EFL students: a case of Indonesian Islamic University1.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press.
Pitana, T. S. (2023). Aesthetic and Cosmological Harmony in Traditional Javanese Architecture. International Society for the Study of Vernacular Settlements, 10(11), 143–153. https://doi.org/10.61275/ISVSej-2023-10-11-10
Prasetyo, Y. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Vol. 1). Yogi Agung Prasetyo.
Pratiwi, V. U., & Suwandi, S. (2021). Local Wisdom in the Picture Storybook for Elementary School Students in Sukoharjo Regency. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 1262–1271. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1751
Purandina, I. P. Y., & Wedananta, K. A. (2021). Spirit of Balinese Local Heroes Transformed into Puppets Show on YouTube as ELT Media for Building Students’ Character. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1), 80. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.33001
Reuter, K. (2007). Assessing aesthetic relevance: Children’s book selection in a digital library. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 58(12), 1745–1763. https://doi.org/10.1002/asi.20657
Santoso, S., Apriliya, S., & Kosasih, E. (2017). Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Bordir Tasikmalaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 129–138. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v4i2.7202
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138
Sari, R. K., Waluyo, H. J., & Rohmadi, M. (2016). Kajian Budaya, Kearifan Lokal, dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Nawung Karya Galuh Larasati serta Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Tesis dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Villarreal, A., Minton, S., & Martinez, M. (2015). Child Illustrators. The Reading Teacher, 69(3), 265–275. https://doi.org/10.1002/trtr.1405
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.