Muatan Kearifan Lokal dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1321Keywords:
Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka, Buku Teks Bahasa IndonesiaAbstract
Kearifan lokal perlu diintegrasikan dalam buku teks pegangan siswa. Nilai-nilai kearifan lokal diharapkan dapat merefleksikan nilai-nilai budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai kearifan lokal dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah buku Bahasa Indonesia kelas X Kurikulum merdeka. Data dalam penelitian ini adalah paragraf, kalimat, atau kata yang mengandung nilai kearifan lokal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interaktif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X Kurikulum Merdeka mengandung nilai-nilai kearifan lokal. Kearifan lokal yang ada meliputi kuliner khas daerah, cagar alam dan budaya, tradisi, dan sastra lisan. Kearifan lokal yang terkandung dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X ini dapat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia. Dengan demikian dengan adanya nilai kearifan lokal ini siswa dapat mempelajari kearifan lokal dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun perlu diperhatikan bahwa kearifan lokal tersebut masih sangat sedikit dan tidak dalam semua bab sudah mengintegrasikan kearifan lokal.
References
Agustinova, Danu Eko. 2022. “Strategi Pelestarian Benda Cagar Budaya Melalui Digitalisasi.” ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah 18 (2): 60–68.
Faiz, Aiman, and Bukhori Soleh. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 7 (1): 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441.
Fakhrurozi, Jafar, Donaya Pasha, Jupriyadi Jupriyadi, and Intan Anggrenia. 2021. “Pemertahanan Sastra Lisan Lampung Berbasis Digital Di Kabupaten Pesawaran.” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 2 (1): 27. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.1068.
Falkner, Anna. 2018. “Racialized Space and Discourse in the Picture Books of Ezra Jack Keats.” Journal of Social Studies Research 42 (2): 171–84. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2017.05.006.
Febriani, Meina. 2018. “Kesesuaian Materi Apresiasi Sastra Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 6 (2): 123. https://doi.org/10.30659/j.6.2.123-137.
Hikmawati, I. W. Suastra, and N. M. Pujani. 2021. “Local Wisdom in Lombok Island with the Potential of Ethnoscience for the Development of Learning Models in Junior High School.” Journal of Physics: Conference Series 1816 (1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1816/1/012105.
Huda, Miftakhul, Uswatun Khasanah, and Vitria Indriyani Setyaningsih. 2021. “Pemetaan Materi Sastra Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama.” KREDO?: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 4 (2): 293–310. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5900.
Juniarti, Deva. 2021. “Kearifan Lokal Makanan Tradisional: Tinjauan Etnis Dan Fungsinya Dalam Masyarakat Suku Pasmah Di Kaur.” Jurnal Bakaba 9 (2): 44–53. https://doi.org/10.22202/bakaba.2021.v9i2.4833.
Lyesmaya, D., B. Musthafa, and D. Sunendar. 2020. “Local Wisdom Value’s-Based Literacy Education Learning Model in Elementary School.” Journal of Physics: Conference Series 1470 (1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012030.
Mahsun. 2019. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, Dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Martha, Nia Ulfa, Dyah Wijayawati, Vera Krisnawati, and Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama Bermuatan Kearifan Lokal Dan Pendidikan Karakter.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 8 (1): 68–83. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.19554.
Misriani, Agita, Shesilia Cintari, and Nuriza Zulyani. 2023. “The Urgency of Learning Indonesian Based on Local Wisdom.” International Journal of Social Service and Research 3 (2): 360–65. https://doi.org/10.46799/ijssr.v3i2.258.
Moelong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mujiwanto, Mujiwanto, Murtono Murtono, and Irfai Fathurohman. 2021. “Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pati Untuk SMP/MTs.” KREDO?: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 4 (2): 425–42. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5520.
Muslihin, Muslihin, Wahyudi Wahyudi, Aisyah A Rahman, Rahmi Rahmi, Cucut Satria Barona, Khairunnisa Khairunnisa, Cut Iwana, Izzatunnisa Izzatunnisa, and Umaiza Hanum. 2022. “Sosialisasi Situs Sejarah Rumah Tgk Chiek Awee Geutah Sebagai Cagar Budaya Dan Destinasi Wisata Religius Melalui Penyebaran Informasi Digital.” Communautaire: Journal of Community Service 1 (1): 78–82. https://doi.org/10.61987/communautaire.v1i1.13.
Nisak, Nur Maslikhatun, Moch. Bahak Udin By Arifin, Eni Fariyatul Fahyuni, and Isnaini Maulida Rahmawati. 2021. “The Development of Comic Formatted Fiqh Textbool for Islamic Elementary School.” European Journal of Education Studies 8 (1): 114–25. https://doi.org/10.46827/ejes.v8i1.3513.
Pratama, G. S, and H Retnawati. 2018. “Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook.” Journal of Physics: Conference Series 1097 (1): 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147.
Purnomo, Eko, Atiqa Sabardila, and Markhamah Markhamah. 2022. “The Values Content of Education Character in Indonesian Language Book of Merdeka Curriculum.” In Proceedings of the 7th Progressive and Fun Education International Conference (PROFUNEDU 2022), 317–34. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-71-8.
———. 2023. “Mapping of Themes in Indonesian Textbook Discourse for Independent Curriculum.” In International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022), 642–52. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_55.
Ramdhani, Intan Sari, Asep Muhyidin, and Sholeh Hidayat. 2024. “The Effectiveness of Android Teaching Materials Based on Local Wisdom in Improving Students’ Writing Skill.” IJORER?: International Journal of Recent Educational Research 5 (3): 549–60. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i3.588.
Rinjaya, Denda, and Sisilia Setiawati Halimi. 2022. “An Evaluation of Indonesian Textbooks Using Revised Bloom’s Taxonomy.” OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra 16 (1): 1–18. https://doi.org/10.19105/ojbs.v16i1.5813.
Saeroji, Amad, and Deria Adi Wijaya. 2017. “Pemetaan Wisata Kuliner Khas Kota Surakarta.” Jurnal Pariwisata Terapan 1 (2): 13. https://doi.org/10.22146/jpt.24968.
Safira, Fidan, Tamara Adriani Salim, Rahmi Rahmi, and Mad Khir Johari Abdullah Sani. 2020. “Peran Arsip Dalam Pelestarian Cagar Budaya Di Indonesia: Sistematika Review.” Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi 42 (2): 289–301. https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i2.593.
Sari, Faradilla Intan, Dadang Sunedar, and Dadang Anshori. 2022. “Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5 (1): 146–51.
Sugiyono. 2017. Metode Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Jijah Tri, and Dinna Eka Graha Lestari. 2021. “Tradisi Ruwatan Jawa Pada Masyarakat Desa Pulungdowo Malang.” Satwika?: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial 4 (2): 94–105. https://doi.org/10.22219/satwika.v4i2.14245.
Uge, Sarnely, Amos Neolaka, and Mahmuddin Yasin. 2019. “Development of Social Studies Learning Model Based on Local Wisdom in Improving Students’ Knowledge and Social Attitude.” International Journal of Instruction 12 (3): 375–88. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12323a.
Widihastuti, Rahma Ari. 2021. “Revitalisasi Dan Perubahan Fungsi Sastra Lisan Dalam Komunitas Srandul Suketeki.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 6 (1): 33–46. https://doi.org/10.36722/sh.v6i1.440.
Wiediharto, Valencia Tamara, I Nyoman Ruja, and Agus Purnomo. 2020. “Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Suran.” Diakronika 20 (1): 13–20. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss1/122.
Yulsafli, Yulsafli, Burhanuddin AG, and Ismawirna Ismawirna. 2018. “Kode Sastra Dalam Sastra Lisan Aceh Hikayat Jugi Tapa.” Jurnal Humaniora 2 (2): 118–29.
Yusuf, Furtasan Ali. 2023. “International Journal of Educational Methodology Meta-Analysis?: The Influence of Local Wisdom-Based Learning Media on the Character of Students in Indonesia.” International Journal of Educational Methodology 9 (1): 237–47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.