Dimensi Berkebhinekaan Global dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1302Keywords:
Berkebhinekaan, Kurikulum Merdeka, GlobalAbstract
Berkebhinekaan Global merupakan salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Setiap dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila memiliki elemen dan subelemen dengan deskriptornya masing-masing sesuai dengan fase yang ditempuh. Implementasi profil pelajar pancasila ini diharapkan mampu mewujudkan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis dimensi berkebhinekaan global dengan elemen bermuatan budaya dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah buku Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum Merdeka. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, kalimat, ataupun paragraf yang mengandung dimensi berkebhinekaan global bermuatan budaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum Merdeka mengandung dimensi Berkhebinekaan Global dengan elemen bermuatan budaya, yaitu Elemen Mengenal dan Menghargai Budaya yang terdiri dari subelemen (1) Mendalami Budaya dan Identitas Budaya, (2) Mengeksplorasi dan Membandingkan Pengetahuan Budaya dan Praktiknya, dan (3) Menumbuhkan Rasa Menghormati terhadap Keanekaragaman Budaya. Adapun elemen komunikasi dan interaksi antarbudaya yang ditemukan memuat 2 subelemen yaitu (1) Berkomunikasi antarbudaya dan (2) Mempertimbangkan dan Menumbuhkan berbagai Perspektif. Elemen yang mendominasi dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII, yaitu elemen mengenal dan menghargai budaya pada subelemen mendalami dan identitas budaya. Dengan demikian, diketahui bahwa pada kelas VII SMP pengenalan dimensi berkebhinekaan global yang bermuatan budaya pada taraf mengenal dan menghargai budaya yang ada di Indonesia.
References
Astari, N.M.D.A, I.W Lasmawan, and I.M Ardana. 2023. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Kecak Untuk Menanamkan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Berkebhinekaan Global.” PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 7 (2): 181–93. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2197.
Azizah, Aida, Joko Nurkamto, Sarwiji Suwandi, and Muhammad Rohmadi. 2020. “Character-Building Values in Indonesian Fairy-Tale Textbooks of Junior High Students.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research 409 (SoRes 2019): 502–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200225.109.
Herlandy, Pratama Benny, Neng Sholihat, Pahmi Pahmi, Nuur Wachid Abdul Majid, Mohamed Nor Azhari Azman, and Abdullah Nasih Ulwan. 2024. “Developing a Digital Module for Integrating Islamic and Muhammadiyah Values with Pancasila in Vocational Education: A Sadiman Method Approach.” Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE) 6 (2): 183–95. https://doi.org/10.23917/ijolae.v6i2.23208.
Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Eduktif: Jurnal Ilmu PendIdikan 4 (2): 3011–24.
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 1224–38.
Khairani, Zulia, and Muhammad Rasyid Abdillah. 2018. “Etnosentrisme Konsumen, Dan Kesediaan Membeli Produk Lokal Indonesia.” Jurnal Daya Saing 4 (3): 269–74.
Laksana, Dek Ngurah Laba, Yosefina Uge Lawe, Elisabeth Tantiana Ngura, Fransiska Kata, and Ermelinda Mugi. 2023. “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Untuk Pembelajaran Baca Tulis Kelas Rendah Berbasis Bahasa Ibu Dengan Muatan Budaya Lokal Nagekeo.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10 (1): 45–56. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1495.
Liliawati, W., J. A. Utama, T. R. Ramalis, and A. A. Rochman. 2018. “The Validity of the Earth and Space Science Learning Materials with Orientation on Multiple Intelligences and Character Education.” Journal of Physics: Conference Series 983 (1): 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012037.
Maghfirani, Raudya Tuzzahra, and Siti Romelah. 2023. “Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional.” Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika 1 (5): 100–108.
Mahsun. 2019. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, Dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Meilana, Septi Fitri, and Aslam Aslam. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (4): 5605–13. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815.
Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Publisher.
Moelong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhlis, Muhammad, Asnawi Asnawi, and Oki Rasdana. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu.” Jurnal Sastra Indonesia 9 (2): 97–102. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.39120.
Purnomo, Eko, Atiqa Sabardila, and Markhamah Markhamah. 2022. “The Values Content of Education Character in Indonesian Language Book of Merdeka Curriculum.” In Proceedings of the 7th Progressive and Fun Education International Conference (PROFUNEDU 2022), 317–34. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-71-8.
———. 2023. “Mapping of Themes in Indonesian Textbook Discourse for Independent Curriculum.” In International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022) 2023 Aug 29 (Pp. 642-652). Atlantis Press, 642–52. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_55.
Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (3): 3613–25.
Rohmah, Nafiah Nur Shofia, Markhamah, Sabar Narimo, and Choiriyah Widyasari. 2023. “Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6 (3): 1254–69. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124.
Romhaningsih, Main Sufanti, and Yakub Nasucha. 2023. “Integrating Pancasila Student Profiles to Descriptive Text Teaching Module in MTs Muhammadiyah 3 Masaran.” In Proceedings of the International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022), 1936–49. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_155.
Saleh, M., and S. Sultan. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 Yang Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa Di SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang 22 (2): 117–29.
Suaka, I Nyoman, and I Gede Gita Wiastra. 2024. “Strategi Penguatan Kurikulum Merdeka Melalui Model Kebhinekaan Latar Dan Karakter Dalam Helai-Helai Sakura Gugur.” In SANDIBASA II (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2:42–51.
Sufanti, Main, Agus Nuryatin, Fathur Rohman, and Herman J. Waluyo. 2021. “The Content of Tolerance Education in Short Story Learning in High Schools.” Asian Journal of University Education 17 (1): 112–23. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609.
Sufanti, Main, Panca Dewi Purwati, and Jeni Nur Cahyati. 2022. “Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid-19 Sebagai Bahan Edukasi Karakter Berkebinekaan Global.” Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 4 (1): 1–12.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tyas, Agnes Siwi Purwaning. 2017. “Identifikasi Kuliner Lokal Indonesia Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Pariwisata Terapan 1 (2): 38. https://doi.org/10.22146/jpt.24970.
Widhiyanto, Riyadi, Ida Zulaeha, and Wagiran Wagiran. 2024. “Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Berwawasan Kebinekaan Global.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 7 (1): 151–62. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i1.918.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.