Keberfungsian Definisi dalam Teks Opini pada Era VUCA
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1306Keywords:
Keberfungsian, Definisi Teks Opini, Era VucaAbstract
Keberfungsian definisi dalam sebuah teks opini sangat dipertimbangkan seorang penulis opini, karena opini mampu menggiring publik (pembaca teks opini). Definisi (definition) dalam Cambridge Dictionary, sebagai pernyataan makna kata/kelompok kata/tanda/simbol. Artikel ini mengkaji secara kualitatif mengenai definisi sebagai komponen kebahasaan dalam wacana. Masalah utama yang dibahas yakni keberfungsian definisi dalam teks opini pada era vuca. Artinya, penggunaan definisi dalam teks secara fungsional. Tujuan yang dicapai menjelaskan keberfungsian definisi dalam teks opini pada era vuca. Sumber data dari teks opini pada era vuca (artikel opini dalam Solopos dan Kompas, yang terbit bulan Juni dan Juli 2024). Data berupa paragraf yang mengandung definisi, yang dikumpulkan dengan metode simak dan menggunakan teknik catat (Sudaryanto, 2015). Analisis data menggunakan metode agih (teknik distribusional) dan metode padan (referensial). Simpulan yang didapatkan, Fungsi definisi yang ditemukan dapat dibagi menjadi dua yaitu fungsi menguatkan judul dan fungsi untuk memerinci. Adapun pola pembentukan kalimat definisi yang ditemukan dapat dibagi menjadi tiga yaitu (1) di awal teks opini, (2) di tengah teks opini, dan (3) pola campuran di tengah, awal, dan akhir. Pemberfungsian definisi sebagai alat kebahasaan wacana dalam teks opini menjadi unsur yang tidak bisa ditinggalkan dalam teks opini pada era vuca.
References
Aliya, Ismi Nur, Hilwa Tsamarah, Deva Azzahra Aditiya, Muhammad Daffa Alghifari, dan Mahmudah Fitriyah ZA. 2023. “Analisis Opini Siswa Kelas X SMA 4 Tangerang Selatan Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (3): 348–53. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1729.
Amilia, Fitri. 2016. “Evidensi Definisi Dalam Kamus Besar Bahasa.” Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Dan Sastra Indonesia 1 (2): 175–86.
Apriati, D, and I Siagian. 2024. “Struktur Kalimat Aktif Pada Rubrik Opini Dalam Koran Digital Kompas Edisi 20-29 Februari 2024.” Jurnal Multilingual 4 (3): 1–7. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara.
Apriliani, Reti Ika. 2024. “Makna dan Peran Eufemisme dalam Opini Surat Kabar Kompas Edisi 1-31 Oktober 2019.” Sajak: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan 3 (1): 191–99.
Fathonah, Siti. 2023. “Penggunaan Gaya Bahasa pada Kolom Opini dalam Surat Kabar Harian Radar Tarakan.” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 9 (2): 1221–28. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara.
Fatkhan, Widya, dan Gatut Susanto. 2024. “Kevariasian Kalimat dalam Teks Eksplanasi.” Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 14 (1): 169–76. https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10277.
Hidayah, Siti Nur, M. Rusydi Ahmad, dan Syaiful Arifin. 2021. “Deiksis dalam Rubrik Opini Kaltim Post Agustus 2019 serta Fungsinya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.” Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies 4 (2): 40–45. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v4i2.1449.
Mahsun. 2019. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mastang, M, and M Muslimin. 2020. “Penggunaan Kata dalam Kalimat Bahasa Indonesia: Suatu Tinjauan.” Dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2020, 335–41. http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/download/2376/2088.
Moelong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naimah, Laila Faza, Rizky Aprilia, Fitriani Nuraisah, Mei Purweni, Asep Purwo Yudi Utomo, dan Didi Pramono. 2023. “Analisis Kalimat Fakta dan Opini dalam Teks Artikel pada Buku IPS Kelas X SMA Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis) 1 (2): 157–72. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.294.
Perwitasari, Wahyu Rahmalia, dan Khaerudin Kurniawan. 2023. “Struktur Penalaran Kolom Opini dalam Surat Kabar dan Pemanfaatannya Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi.” Masaliq 3 (3): 415–30. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i3.1096.
Septiandari, Dinda, dan Khaerunnisa Khaerunnisa. 2023. “Analisis Kebahasaan pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka.” Dalam Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2 No 1, 41:410–15.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetas.
Syaifullah, dan Wenny Noorahim. 2024. “Kesalahan Penggunaan Kata Baku dalam Artikel Opini pada Harian Banjarmasin Post 6-11 Mei 2024.” FRAGMATIK: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 1 (2): 77–88.
Winarty, Ardina, Ubhayni, dan Herman R. 2021. “Analisis Struktur Teks Eksposisi pada Kolom Opini Harian Serambi Indonesia Edisi Mei Tahun 2020.” Jurnal Bahasa dan Sastra 15 (1): 45–54. https://doi.org/10.24815/jbs.v15i1.20601.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.