Analisis Kritis Keterampilan Menulis Melalui Gerakan Literasi Sekolah pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 2 Pamijen
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1346Keywords:
School Literacy Movement, Writing Skills, Learners, Elementary SchoolAbstract
Literasi merupakan kemampuan dasar yang esensial dalam proses pendidikan dan perkembangan individu. Di era informasi saat ini, keterampilan literasi, khususnya keterampilan menulis, memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik. Menulis bukan hanya sekadar kegiatan menyusun kata menjadi kalimat, melainkan sebuah proses yang melibatkan pemikiran, pemahaman, analisis, dan ekspresi ide yang terstruktur. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan menulis menjadi fokus utama dalam pendidikan. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah salah satu inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan peserta didik. Program ini dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung peningkatan kemampuan literasi melalui berbagai kegiatan membaca dan menulis. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Pamijen, kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas dengan subjek penelitian 22 peserta didik kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis bagaimana keterampilan menulis melalui Gerakan Literasi Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara kepada kepala sekolah, guru dan siswa serta observasi dan kuesioner. Kegiatan literasi sekolah terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis peserta didik.
References
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Eriyani, N. D. (2020, January 8). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. https://doi.org/10.31219/osf.io/439fd
Kemendikbud.go.id, “Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018”, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018 (Diakses, 19 Mei 2024)
Numertayasa, I. W., Suardana, I. P. O., & Adiwijaya, P. A. (2020, December). The Effect of Literacy Pattern and Mother Tongue on the Language Learning Ability during Learning from Home. In 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020) (pp. 310- 315). Atlantis Press
Numertayasa, I. W. W., Tristiantari, N. K. D., & Suardana, I. P. O. (2020). Pengembangan pelayanan dasar pendidikan di desa binyan (desa pilot tahun 2018) melalui pengintegrasian gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran dan pengembangan pojok literasi di SD Negeri 2 Buahan. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 629-636.
Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca terhadap minat membaca siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81-85.
Rahmawati, D. R. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Percobaan 2 Sleman. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 9(4), 377-385
Sandyagraha, D.N.G., Numertayasa, I.W., & Suardana, I.P.O. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Narasi Berorientasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Siswa Kelas 4 SD di Gugus VI Kecamatan Bangli. Jurnal Elementary. 4(1), 36-41. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.xxx
Sari, R., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 345-350.
Tarigan, Henri Guntur. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa dan Faktor Penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11-19. https://doi.org/10.24929/lensa.v 13i1.283
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.