Pengaruh Unplugged Coding dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Anak Usia 6-7 Tahun di BA Aisyiyah Pagentan

Authors

  • Fika Dewi Musfiati Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.888

Keywords:

Unplugged Coding, Problem Solving, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan Problem Solving yang baik akan berdampak secara efektif untuk kemampuan logicalnya apabila anak mengalami kendala. Untuk  menstimulasi kemampuan problem solving anak salah satunya dapat dilakukan dengan permainan Unplugged coding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Unplugged Coding berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan problem solving pada anak usia 6-7 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen kuantitatif dengan desain one group. Sampel penelitian terdiri dari 21 anak usia 6-7 tahun di BA Aisyiyah Pagentan. Penelitian di lakukan selama 5 minggu, penilian dilakukan menggunakan uji pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan problem solving anak. Hasil dari analisis data yang menunjukkan adanya peningkatan sebelum dan sesudah dilakukannya treatment sebanyak 88,81% sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan problem solving anak setelah mengikuti kegiatan unplugged coding. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mengidentifikasi masalah, merumuskan strategi penyelesaian, dan menerapkan solusi yang efektif. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya memperkenalkan konsep pemrograman pada usia dini melalui metode yang interaktif dan menyenangkan. Pengembangan pendekatan pembelajaran yang melibatkan Unplugged Coding dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving dan kognitif bagi anak usia dini.

References

Ahmadi, I. K., Amri, S., & Elisah, T. (2011). Strategi pembelajaran sekolah terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Akyol-Altun, C. (2018). Algorithm and coding education in pre-school teaching program integration the effectiveness of problem-solving skills in students.

Aranda, G., & Ferguson, JP (2018). Unplugged Programming: The future of teaching computational thinking? Pedagogika, 68(3).

BAB, V. "HAKIKAT USIA DINI." Pendidikan Anak Usia Dini (2023): 51.

Campbell, C., & Walsh, C. (2017). Introducing the “new'' digital literacy of coding in the early years. Practical Literacy: The Early and Primary Years, 22(3), 10–12.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia

Harrop, W. (2018). Coding for children and young adults in libraries: A practical guide for librarians. 45.

Hufad, A., Faturrohman, M., & Rusdiyani, I. (2021). Unplugged Coding Activities for Early Childhood Problem-Solving Skills. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 121-140.

Joohi Lee. (2019). Coding in early childhood. Contemporary Issues in Early Childhood.

Küçükkara, M. F., & Aksüt, P. (2021). An Example of Unplugged Coding Education in Preschool Period: Activity-Based Algorithm for Problem Solving Skills. Journal of Inquiry Based Activities, 11(2), 8191.

Lee, J., & Junoh, J. (2019). Correction to: Implementing Unplugged Coding Activities in Early Childhood Classrooms. Early Childhood Education Journal, 47(6), 717-717.

Lestari, Lina Dani. "Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain." Jurnal Pendidikan Anak 9.2 (2020): 100-108.

LUBIS, Hefni Lidia. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 16 Medan. 2015. PhD Thesis. UNIMED.

McLennan, DP (2017). Creating coding stories and games. Teaching Young Children.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196.

Nurhopipah, A., Suhaman, J., & Humanita, M. T. (2021). Pembelajaran ilmu komputer tanpa komputer (unplugged activities) untuk melatih keterampilan logika anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2603 2614.

Patterns of Computational Thinking Development while Solving Unplugged Coding Activities Coupled with the 3S Approach for Self_Directed Learning. European Journal of Educational Research, 9(3), 1025–1045.

Rini, D. S., & Faisal, F. (2015). Perbandingan Power of Test dari Uji Normalitas Metode Bayesian, Uji Shapiro-Wilk, Uji Cramer-von Mises, dan Uji Anderson-Darling. GRADIEN, 11(2), 1101-1105.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. Ke-23 (Bandung: Alfabeta, 2016)

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian, Cet. Ke-28 (Bandung:Penerbit Alfabeta.2017)

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Musfiati , F. D. (2023). Pengaruh Unplugged Coding dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Anak Usia 6-7 Tahun di BA Aisyiyah Pagentan. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 91–95. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.888