Implementasi Pembelajaran PAUD Berbasis Budaya Lokal di TK Pembina Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Authors

  • Desi Endah Lestari Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1616

Keywords:

Implementasi, Anak Usia Dini, Budaya Lokal

Abstract

Arus globalisasi yang terus berkembang turut mempengaruhi masyarakat Indonesia baik dari segi gaya hidup, pola pikir, berbahasa serta menggeser budaya lokal di Indonesia. Penanaman nilai-nilai budaya lokal sejak dini merupakan langkah strategis untuk menanamkan sikap, perilaku, kepribadian, dan budi perkerti yang santun, serta menumbuhkan jiwa nasionalisme pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis budaya lokal di Taman Kanak-Kanak Pembina Universitas Muhammadiyah Purwokerto (TK Pembina UMP). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa, Implementasi pembelajaran berbasis budaya lokal di TK Pembina UMP diwujudkan melalui integrasi nilai-nilai budaya Banyumas dalam kegiatan keseharian anak, seperti penggunaan bahasa daerah saat berkomunikasi, menyanyi lagu tradisional bahasa jawa, pengenalan makanan tradisional, baju adat, membuat hasil karya dengan barang bekas dan bahan alam, serta penerapan nilai sosial. Strategi pembelajaran dilakukan secara tematik dengan pendekatan bermain sambil belajar, yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak usia dini. Dukungan guru, orang tua, serta lingkungan sekitar menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi ini. TK Pembina UMP telah melestarikan budaya lokal dengan cukup baik. Namun perlu mengembangkan kurikulumnya agar lebih tertara, terarah dan menjadi lebih baik.

References

Akil Musi, M. (n.d.). IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK.

Asfiati, A., Muslim, M., & Ramadhan, S. (2025). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Lokal Bima pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 790–804. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1445

Cholilalah, Rois Arifin, A. I. H. (1967). Kajian Teori Implementasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 82–95.

Islammia, Y. (n.d.). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS BUDAYA LOKAL PITUTUR SINANDI JAWA TIMUR.

Rahmadani, N. K. A., Tasuah, N., Nugroho, R. A. A. E., Alianda, D., & Cahyaningrum, D. E. (2023). Implementasi Pengenalan Budaya Lokal di Sentra Seni pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5359–5368. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4272

Sumiyati. (2022). Proceedings of The 6 th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece

Tanfidiyah, N. (n.d.). IMPLEMENTASI PAUD BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KB AMONG SIWI DUSUN PANDES, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. 2580–4197.

Davis, MK (2013). Kewirausahaan: Perspektif Islam. Jurnal Internasional Kewirausahaan dan Bisnis Kecil , 20(1): 63–69.

Downloads

Published

2025-07-19

How to Cite

Lestari, D. E. (2025). Implementasi Pembelajaran PAUD Berbasis Budaya Lokal di TK Pembina Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 338–342. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1616