Pengetahuan Sejarah Peradaban Dunia pada Game Genshin Impact

Authors

  • Daffa Kurniansyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Arifin Suryo Nugroho Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ipong Jazimah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v18i.1232

Keywords:

Sejarah Peradaban Dunia, Genshin Impact

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengetahuan Sejarah Peradaban Dunia Pada Game Genshin Impact” memiliki tujuan untuk : (1) Mendeskripsikan Profil Game Genshin Impact, (2) Mengetahui Setting Sejarah Peradaban Dunia yang terdapat pada Game Genshin Impact, (3) Mengetahui Wawasan Historis dan Ahistoris yang terdapat pada Game Genshin Impact, (4) Mendeskripsikan Peran Game Genshin Impact dalam penguatan wawasan kesejarahan pada pemainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi dokumen, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Serta Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Analisis Data Model Interaktif dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau hasil. Simpulan dari penelitian Pengetahuan Sejarah Peradaban Dunia pada Game Genshin Impact adalah : (1) Genshin Impact adalah game online dengan role RPG (Role Playing Game) dengan konsep Open World yang dikembangkan oleh Hoyoverse atau Mihoyo dari China yang dirilis pada tanggal 28 September 2020, dengan pengemasan grafik pemandangan dan penyajian dengan mengambil referensi kultur budaya peradaban dunia, (2) Setting Sejarah Peradaban Dunia yang direpresentasikan kedalam Game Genshin Impact pada regionnya mengambil peradaban Asia, Eropa, Afrika, dan Mesoamerika, (3) Wawasan Historis dan Ahistoris yang kental dan banyak mengambil dari Sejarah Peradaban Dunia yang kemudian direpresentasikan dalam region game Genshin Impact namun dimodifikasi dengan tampilan berbeda supaya variatif, (4) Game Genshin Impact memiliki peran dalam memberikan penguatan wawasan kesejarahan pada pemainnya baik peneliti maupun para informan dan tergantung dari niat, motivasi, dan keinginan dari pemainnya itu sendiri.

References

Aidzid, Rizem. 2015. Sejarah Peradaban Islam Terlengkap Yogyakarta: Diva Press.

Alaslan, Amtai. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Depok : Rajawali Press

Angelia, Cynthia., dkk. 2021. Journal of Business and Economics Research (JBE) : Perilaku Konsumtif Gamers Genshin Impact terhadap Pembelian Gacha. Medan: Politeknik Cendana.

Arifianto, Adityas. 2023. Sejarah Rinkas Dunia Kuno 4 Benua. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Armin, Rosni. 2021. Perbedaan Hasil Jadi Kimono Menggunakan Metode Zero Waste Dan Pola Praktis, Universitas Negeri Makassar.

Apriliyani, Anggita. 2020. Jurnal Psikoborneo : Hubungan Intensitas Bermain Permainan Online Dengan Kecerdasan Emosional, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Carpentier, Jean., Lebrun, Francois. 2011. Sejarah Prancis Dari Zaman Prasejarah Hingga Akhir Abad Ke-20, Jakarta. KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Cristiansen, Eric. 1997. The Northern Crusades. Inggris. Penguins Book

Dewi, Fatma Putri Gita. 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenal Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash, Universitas Negeri Yogyakarta. Fathurillah, Helly Fahreza. 2019. Sejarah Perkembangan Arsitektur Jepang, Makassar. Universitas Bosowa

Fransisca, Elsa Silvana. 2008. Representasi Cina Melalui Qipao Pakaian Tradisional Cina, Universitas Indonesia, Depok.

Hall, Struart. 1997. Representation Cultural Representation and Signifying Practice. Sage Publications. London

Irfan. 2016. Peranan Baitul Hikmah Dalam Menghantarkan Kejayaan Daulah Abbasiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar-Raudhah. Deli Serdang

Kusuma, Pio Wisnu Gusti., Janti, Sawindra Ilma. 2022. Jurnal Multikultura : Representasi Kepercayaan Jepang Di Negara Virtual Inazuma Dalam Video Game Genshin Impact, Universitas Indonesia, Depok

Lieven, Dominic. 2006. The Cambridge History of Russia Volume II : Imperial Russia 1689-1917. Cambridge University Press. Inggris

Ma’arief, Muammar Iqbal. 2023. Sejarah Peradaban Kuno Dari Zaman Prasejarah Sampai Penaklukan Romawi, Anak Hebat Indonesia, Yogyakarta

Membidik Sejarah Senapan. 2017. Diakses pada tanggal 3 Juni 2024, dari Historia Website : https://historia.id/asalusul/articles/membidik-sejarahsenapan-vVebd

Mu’adz, Syahril. 2024. Sejarah Dunia Kuno. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia

Nasution, Syamruddin. 2013. Sejarah Peradaban Islam. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau

Nilamsari, Natalina. 2014. Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif, Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, Jakarta Selatan

Prihartanta, Widayat. 2015. Jurnal Abadiya Vol.1 No.83 : Teori-Teori Motivasi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh

Webster, Hutton. 2016. World History Sejarah Dunia Lengkap. Yogyakarta: Indoliterasi

Widarahesty, Yusy., Ayu, Rindu. 2011. Pengaruh Politik Isolasi (Sakoku) Jepang Terhadap Nasionalisme Bangsa Jepang : Studi Tentang Politik Jepang Dari Jaman Edo (Feodal) Sampai Perang Dunia II, Universitas Al-Azhar, Jakarta

Wulandari, Dwi Agustina. 2012, Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker XP Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Kalibawang, Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Kurniansyah, D., Nugroho, A. S., & Jazimah, I. (2024). Pengetahuan Sejarah Peradaban Dunia pada Game Genshin Impact. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 18, 91–100. https://doi.org/10.30595/pssh.v18i.1232