Implementasi Kearifan Lokal Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pendidikan Karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Rizki Ananda Safitri Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1332

Keywords:

Kearifan Lokal, Ekstrakurikuler Pramuka, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Permasalahan yang ada di sekolah menengah pertama, yakni turunnya sikap toleransi, turunnya sikap saling menghargai, turunnya sikap gotong royong dan kurangnya rasa saling menghormati sesama manusia. Dengan adanya permasalahan tersebut maka melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat menumbuhkan karakter sosial berbasis kearifan lokal seperti ekstakurikuler pramuka. Ekstakurikuler pramuka sebagai bentuk mewujudkan beberapa elemen Profil Pelajar Pancasila. Metode dalam penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Dasar yang menjadi landasan penelitian ini yakni pembuktian yang bersifat deskriptif. Sumber dan teknik pengumpulan data melalui wawancara yang digunakan untuk menggali data, selanjutnya observasi dan pengumpulan data terakhir menggunakan dokumentasi. Adapun tahapan analisa data melalui reduksi data display data dan yang terakhir pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yakni ekstrakurikuler Pramuka mampu meningkatkan efisiensi pengajaran dan mampu mengintegrasikan dan menerapkan budaya lokal, akhirnya menghasilkan karakter pengajaran Profil Pelajar Pancasila yang lebih terintegrasi dan bersatu.

References

“JDIH BPK RI,” Undang-undang RI Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Diakses pada 12 Juni 2024, https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20- tahun%202003#:~:text=Dalam%20UU%20ini%20diatur%20mengenai,bahasa%20pengantar%3B%20dan%20wa%20jib%20belajar..

Dwijayanto, R., Windyantika, M., Dwiki, F., Putri, H., Pramesti, A. E., Permatasari, D., & Dayu, K. (2022). KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SOSIAL SISWA SD. Seminar

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255.

Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2 STKIP PGRI BANJARMASIN, 2(November), 327–334.

Novilasar, S. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PKN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR PADA ERA 4.0. Prosiding

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.

Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 953–956.

Susilowati, E., Uin, P., & Jambi, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Daam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, 1(1), 115–132.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Safitri, R. A. (2024). Implementasi Kearifan Lokal Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pendidikan Karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 62–70. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1332