Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar PKn Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 1 Sidarata Kabupaten Banjarnegara
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1364Keywords:
Pola Asuh, Motivasi Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKN Kelas 1 SD Negeri 1 Sidarata Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Peneliti melakukan penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu 15 peserta didik kelas 1 dan 15 orang tua SD Negeri 1 Sidarata Kabupaten Banjarnegara. Analisis data menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKN peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Sidarata Kabupaten Banjarnegara.
References
Adrinistinindya, dkk ( 2021 ) Pola Asuh Orang Tua dan Kenakalan Remaja, Jurnal Pekerjaan Sosial Focus: e ISSN: 2620-3367 Vol. 4 No. 1
Anisatul Hidayah ( 2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SEKECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK, IAIN Tulung Agung http://repo.iaintulungagung.ac.id/view/creators/ANISATUL_HIDAYAH=3A1755144005=3A=3A.default.html diakses 25 Maret 2023
Ayudia Nur Anisa ( 2019 ) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa di Sekolah,Al Ittizan : Jurnal Bimbingan Konseling Islam,Vol 2
http://ejournal.uin-suska.ac.id diakses tanggal 20 Maret 2023
Casmini (2007) Emotional Parenting, Yogyakarta : Nuansa Aksara
Eko Endarmoko ( 2007), Tesaurus Bahasa Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka)
Hasbi, Rochaeni ( 2020 ) Pengasuhan Positif, Jakarta : Kemdikbud RI
Gara, N., Monigir, N. N., Tuerah, R. M. S., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5024-5032.
Hamzah B. Uno (2012) Teori Motivasi Dan Pengukurannya : Analisis Bidang Pendidikan,Jakarta: PT Bumi Aksara
Isni Agustiawati, ( 2014 ), "Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung", Universitas Pendidikan Indonesia, repository.upi.edu
John W. Santrock (2007 ) Perkembangan anak jilid I. edisi 11.Jakarta : Erlangga
Nufus dan La Adu, (2020 ), Pola Asuh Berbasis Qalbu dan Perkembangan Belajar Anak. LP2IM IAIN : Ambon
Oemar Hamalik ( 2002 ) Psikologi Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Oemar Hamalik (2004 ) Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Oemar Hamalik (2007) Proses Belajar Mengajar ,Jakarta: Bumi Aksara,
Padjrin, (2016) “Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam”,
jurnal intelektualita, volume 5 No.1
Poerwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Sardiman (2011) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press
Tohirin, (2005 )Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Dan Kompetensi, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI (2009). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Imtima.
Tridhonanto, A, Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014), Hal. 2
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4)
Qurrota A’yun ( 2017) Pola asuh Orang Tua dan Metode pengasuhan dalam Mendidik Anak . Jurnal Pendidikan IAIN Salatiga Vol 5
Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–187. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674
M. Ngalim Purwanto (2009 ), Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.