Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar PKn Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 1 Sidarata Kabupaten Banjarnegara

Authors

  • Suhana Saraswati SD Negeri 1 Sidarata Banjarnegara

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1364

Keywords:

Pola Asuh, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKN Kelas 1 SD Negeri 1 Sidarata Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Peneliti melakukan penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu  15 peserta didik kelas 1  dan 15 orang tua SD Negeri 1 Sidarata  Kabupaten Banjarnegara. Analisis data menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKN peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Sidarata Kabupaten Banjarnegara.

References

Adrinistinindya, dkk ( 2021 ) Pola Asuh Orang Tua dan Kenakalan Remaja, Jurnal Pekerjaan Sosial Focus: e ISSN: 2620-3367 Vol. 4 No. 1

Anisatul Hidayah ( 2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SEKECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK, IAIN Tulung Agung http://repo.iaintulungagung.ac.id/view/creators/ANISATUL_HIDAYAH=3A1755144005=3A=3A.default.html diakses 25 Maret 2023

Ayudia Nur Anisa ( 2019 ) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa di Sekolah,Al Ittizan : Jurnal Bimbingan Konseling Islam,Vol 2

http://ejournal.uin-suska.ac.id diakses tanggal 20 Maret 2023

Casmini (2007) Emotional Parenting, Yogyakarta : Nuansa Aksara

Eko Endarmoko ( 2007), Tesaurus Bahasa Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka)

Hasbi, Rochaeni ( 2020 ) Pengasuhan Positif, Jakarta : Kemdikbud RI

Gara, N., Monigir, N. N., Tuerah, R. M. S., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5024-5032.

Hamzah B. Uno (2012) Teori Motivasi Dan Pengukurannya : Analisis Bidang Pendidikan,Jakarta: PT Bumi Aksara

Isni Agustiawati, ( 2014 ), "Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung", Universitas Pendidikan Indonesia, repository.upi.edu

John W. Santrock (2007 ) Perkembangan anak jilid I. edisi 11.Jakarta : Erlangga

Nufus dan La Adu, (2020 ), Pola Asuh Berbasis Qalbu dan Perkembangan Belajar Anak. LP2IM IAIN : Ambon

Oemar Hamalik ( 2002 ) Psikologi Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Oemar Hamalik (2004 ) Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Oemar Hamalik (2007) Proses Belajar Mengajar ,Jakarta: Bumi Aksara,

Padjrin, (2016) “Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam”,

jurnal intelektualita, volume 5 No.1

Poerwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Sardiman (2011) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press

Tohirin, (2005 )Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Dan Kompetensi, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI (2009). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Imtima.

Tridhonanto, A, Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014), Hal. 2

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4)

Qurrota A’yun ( 2017) Pola asuh Orang Tua dan Metode pengasuhan dalam Mendidik Anak . Jurnal Pendidikan IAIN Salatiga Vol 5

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–187. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674

M. Ngalim Purwanto (2009 ), Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Saraswati, S. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar PKn Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 1 Sidarata Kabupaten Banjarnegara. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 317–324. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1364