Ulak-alik BIPA di Era VUCA: Studi Kasus Darmasiswa TFSU China
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1368Keywords:
BIPA, Darmasiswa, VUCA Studi Kasus, TFSU ChinaAbstract
Ulak-alik Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di era VUCA mengacu pada tantangan dan adaptasi yang dihadapi dalam pembelajaran BIPA dengan konteks dunia yang dinamis dan penuh ketidakpastian. Tujuan penelitian ini memetakan permasalahan yang dialami oleh pembelajar BIPA sebagai dampak dari era VUCA serta alternatif solusi yang dapat ditawarkan. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan data berupa hasil wawancara dan observasi yang bersumber dari darmasiswa Tianjin Foreign Studies University China. Teknik pengumpulan data memanfaatkan teknik wawancara dan observasi partisipatif lalu dianalisis dengan model studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan volatilitas dan ketidakpastian datang dari kekhawatiran pembelajar terhadap karier masa depan dan ilmu pengetahuan yang sangat dinamis menimbang tren yang cepat berubah. Di sisi lain, permasalahan kompleksitas dan ambiguitas datang dari adanya perbedaan budaya yang cukup signifikan menimbang kearifan lokal Indonesia yang sangat beragam sehingga pembelajar kesulitan mengelola informasi yang diterima. Alternatif solusi yang dapat ditawarkan dari permasalahan tersebut di antaranya memanfaatkan teknologi secara efektif untuk menghadirkan bahan ajar dengan isu mutakhir dan bentuk yang fleksibel, misalnya pengembangan modul digital edisi khusus berbasis kebutuhan pembelajar. Selain itu, pengajar dapat menerapkan FGD berkala agar pembelajar dapat berkonsultasi hal-hal yang mereka khawatirkan di luar materi pembelajaran.
References
Afkarina, R., Septianza, C., Amir, A. F., & Anshori, M. I. (2023). Manajemen Perubahan di Era VUCA. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 1(6), 41-62. https://journal.arimbi.or.id/index.php/Lokawati/article/view/332/317
Aka, K. A., & Afandi, A. N. H. (2023, August). Urgensi Pendekatan Pembelajaran Tematik-Terpadu pada Era Vuca: Tantangan di Sekolah Dasar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 2000-2011). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/4029/2832
Akbar, J. S., Ariani, M., Zulhawati, H., Zani, B. N., Husnita, L., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Pustaka AQ.
Aslim, A., Hayari, H., Hamuni, H., & Hermina, S. (2023). Sosialisasi Nilai-Nilai Multikuturalisme dalam Mewujudkan Kohesi Sosial Masyarakat Multikultur di Desa Jati Bali Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Harmoni: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 14-29. http://journal.fib.uho.ac.id/index.php/harmoni/article/view/2184
Asra, A. A., Ningrum, A. A. L., Rahman, J., & Yuliartati, Y. (2023). Tantangan Implementasi Program Kampus Mengajar Dosen Pembimbing Lapangan dan Mahasiswa di Era VUCA. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 14208-14220. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2037
Astrid, A., Sukma, F. A. O., Saputra, E., & Chairuman, M. C. (2023). Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Palembang: UIN Raden Fatah Press.
Azhro, F. R., Sari, L. P., Sampurna, A. S. R., Faiza, M., Kamilah, A., Nasha, S., Meilani, A. T., & Ramadhayanti, A. (2023, November). Tantangan Pendidikan Tinggi Menghadapi Perkembangan Teknologi Digital dalam Era VUCA. In Proceeding Conference on Psychology and Behavioral Sciences (Vol. 2, pp. 62-65). https://proceedings.dokicti.org/index.php/CPBS/article/view/42/39
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006-1013. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/609
Heryani, R., & Haerul, H. (2023). Analisis Minat Mahasiswa dalam Berliterasi Sastra melalui Kegiatan Membaca dan Menyimak di Era VUCA. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 12(1), 132-144. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jentera/article/view/6270
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/21599
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/4075
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/102
Mulya, F. A., Oktavia, F. A., & Kurniawan, B. (2024). Tantantangan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Kearidan Lokal Madura. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7). https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/632
Poernomo, B. (2020). Peran Perguruan Tinggi Dalam Menyiapkan Pemimpin Masa Depan menghadapi Era VUCA. In Prosiding Seminar STIAMI (Vol. 7, No. 2, pp. 70-80). https://ojs.stiami.ac.id/index.php/PS/article/view/957/534
Prayoga, M., Dista, S., Winarti, A., Aprianti, N., Arvianti, S., Junianti, E. D., Nurafifah, K., Zaitiwi, K., & Amelia, R. (2023, November). Menurunnya Tingkat Belajar Mahasiswa di Era VUCA. In Proceeding Conference on Psychology and Behavioral Sciences (Vol. 2, pp. 115-120). https://proceedings.dokicti.org/index.php/CPBS/article/view/53/48
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Paper. Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rahayu, M. S., Hasan, I., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Relevansi Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 108-118. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/925
Salamah, S., & Setiawati, E. (2023). Peningkatan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran PjBL Berkearifan Lokal (Studi SWM School Thailand dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 432-444. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/5555/2658
Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 66-76. https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/view/854
Syamsuri, A. S., & Bur, E. Y. (2023). Peran Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Membentuk Karakter pada Era VUCA. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 11-21. https://jurnal.ppjb-sip.org/index.php/bahasa/article/viewFile/340/205
Wijaya, H., Gani, R. H., & Supratmi, N. (2024). Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Era VUCA: Mengintegrasikan Teknologi dan Media Sosial. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (Jurnal APIC), 7(1), 28-46. https://apicbdkmedan.kemenag.go.id/index.php/apic/article/view/148
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.