Peran Dosen untuk Menyiapkan Mahasiswa dalam Menghadapi Era Vuca (Volatility, Uncertainty, Complexity, Dan Ambiguity)

Authors

  • Ngatmini Univeristas PGRI Semarang
  • Suyitno Univeristas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1314

Keywords:

Peran Dosen, Era VUCA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alternatif solusi dalam menyiapkan mahasiswa agar mampu menghadapi tantangan di era VUCA. Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Compexity, dan Ambuguity)  ditandai dengan perubahan yang cepat dan tidak terduga di berbagai bidang kehidupan, dunia pendidikan juga menghadapi suatu tantangan. Sementara mahasiswa belum siap menghadapi situasi demikian. Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka, dengan cara menghimpun beberapa literatur, buku, dan hasil penelitian yang relevan. Data tersebut diklasifikasi, dianalisis, dan diinterpretasikan serta diambil simpulan. Berdasarkan  analisis data diperoleh hasil bahwa alternatif teknik yang ditemukan untuk menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi Era VUCA adalah dengan teknik kolaboratif dan adaptatif. Teknik ini melatih mahasiswa untuk mengomunikasikan berbagai informasi secara kolaboratif dan adaptif sehingga komunikasi yang interaktif akan terjalin. Secara praktik dapat dilakukan dengan pemecahan masalah melalui beragam proyek. Hal ini akan menuntun mahasiswa berpikir kreatif, fleksibel, dan pemikiran kritis. Pemikiran ini akan dikembangkan dengan pemikiran abad 21, yaitu berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking dan problem solving), berkomunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration).

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Aka, K. A., & Afandi, A. N. H. (n.d.). Urgensi Pendekatan Pembelajaran Tematik-Terpadu pada Era Vuca: Tantangan di Sekolah Dasar.

Alamin, N. S., Sari, I. L., & Hidayahsyah, N. (2023). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BAGI GENERASI MILENIAL SEBAGAI SOLUSI TANGGAP TERHADAP TANTANGAN KOMPLEKS ERA VUCA. 6.

Arifah, N. Z., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (n.d.). PRINSIP PEMBELAJARAN DENGAN PLATFORM GATHER TOWN SEBAGAI LANGKAH RECOVERY PENDIDIKAN DI ERA VUCA.

Arvianto, F., Hudhana, W. D., Rahma, R., Nurnaningsih, N., & Suwandi, S. (2023). MENYIAPKAN MAHASISWA ABAD 21 MENGHADAPI ERA VUCA (VOLATILITY, UNCERTAINTY, COMPELXITY, & AMBIGUITY) MELALUI PENDEKATAN BERBASIS PENGALAMAN. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 43. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8074

Bahri, S. (2022). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENGHADAPI ERA BERCIRIKAN VUCA. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 3(2), 37–51. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.82

Cendekia Jaya, P. J., & Guntoro, M. (2020). TRANSFORMASI KEPEMIMPINAN ADAPTIF DI TENGAH PANDEMI COVID-19. CENDEKIA Jaya, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya.v2i2.69

Habibah, M., & Nurhidin, E. (2023). Profil Pelajar dalam Kurikulum Merdeka Madrasah di Era VUCA. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 13(2), 211–230. https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.4061

Heryani, R., & Haerul, H. (2023). Analisis Minat Mahasiswa dalam Berliterasi Sastra melalui Kegiatan Membaca dan Menyimak di Era VUCA. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 12(1), 132. https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.6270

Lisnawati, Iis, Titin Setiartin, Welly Nores Kartadireja. 2023. Penggunaan Model Problem Base Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era VUCA. Bahasa Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan sastra In. (n.d.).

Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., Wibawa, D. C., Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR YANG INOVATIF, ADAPTIF, DAN KOLABORATIF. Journal of Empowerment, 3(1), 82. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2322

Muhammad Prayoga, Sepian Dista, Ayu Winarti, Novalinda Aprianti, Septiani Arvianti, Erta Dwi Junianti, Koimah Nurafifah, Kurnia Zaitiwi, & Ria Amelia. (2023). Menurunnya Tingkat Belajar Mahasiswa Di Era VUCA. Proceeding Conference On Psychology and Behavioral Sciences, 2(1), 115–120. https://doi.org/10.61994/cpbs.v2i1.53

Nuralim, F., & Ghafirin, M. A. (n.d.). Literasi Media dan Informasi (LMI): Menyaring Informasi di Era VUCA untuk Pendidikan yang Bermakna.

Permana, N. N., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHERORDERTHINKINGSKILLS(HOTS). 2.

Rani Afkarina, Cindi Septianza, Ahmad Faisol Amir, & Mochammad Isa Anshori. (2023). Manajemen Perubahan Di Era VUCA. Lokawati?: Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 1(6), 41–62. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i6.332

Saputra, M. T. (2023). Model Kompetensi Kepribadian Guru PAI Era VUCA. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 6(1), 16–38. https://doi.org/10.54583/apic.vol6.no1.106

Syamsuri, A. S., & Bur, E. Y. (2023). Peran Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Membentuk Karakter Pada Era Vuca. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.26499/bahasa.v5i1.340

Yusuf, M., Aziz, M. S., & Hamdi, M. M. (2024). PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI AGEN TRANSFORMASI DI ERA VUCA. 10(1).

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Ngatmini, & Suyitno. (2024). Peran Dosen untuk Menyiapkan Mahasiswa dalam Menghadapi Era Vuca (Volatility, Uncertainty, Complexity, Dan Ambiguity). Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20, 132–139. https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1314