Pemanfaatan Audio Visual Berwawasan Kearifan Lokal sebagai Media Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Struktur Teks (Studi Kasus pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 1 Rawalo)

Authors

  • Murniasih Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kuntoro Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1396

Keywords:

Audio Visual, Kearifan Lokal, Teks Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan berbagai kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis teks cerpen berdasarkan struktur teks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang diterapkan adalah teknik analisis deskriptif, yang dilakukan untuk mengevaluasi karakteristik data melalui prosedur analisis serta hasil tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXE di SMP Negeri 1 Rawalo. Adapun kesulitan yang dihadapi siswa meliputi kurangnya latihan menulis karangan, kesulitan dalam menentukan topik, kesulitan mengembangkan kerangka tulisan sesuai dengan pola struktur, serta kesulitan menyusun peristiwa menjadi alur yang runtut. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam menciptakan konflik dari peristiwa yang dipilih dan menyusun kalimat efektif saat menulis karangan. Kesulitan-kesulitan tersebut sering ditemukan dalam proses menulis, baik karya fiksi maupun nonfiksi. Hal ini menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam menulis teks cerpen disebabkan oleh lemahnya penguasaan struktur kalimat dan belum optimalnya pemanfaatan media audio visual berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran.

References

Akhyar, Y., Fitri, A., Zalisman, Syarif, M. ilham, Niswah, Simbolon, P., ... Abidin, Z. (2021). The Effectiveness of Digital Literacy on Student Science Learning Outcomes during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Elementary Education., 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34423

Apriansyah, M. R. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Armariena, D. N. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Diorama Papercraft Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.564

Astuti, A. P., & Rps, A. Nu. (2018). Teknologi Komunikasi Dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1). https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17452

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farida,Nur.(2017).Pengaruh Penggu-naan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Dharma Karya UT.Skripsi Program Studi PGMI UIN Jakarta: diunduh 01 Maret 2019. Diterbitkan

Haryanto dan Ariani. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Panduan Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Perspektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Huda, M.J. 2018. Keefektifan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah.

Jurnal Pendidikan. 2(4)

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.

Khodijah, Siti. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Siswa Smp Negeri 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Wahana Ilmu Pendidikan. https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/7341 Vol. 20 No. 1 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Lestari, Arum Yulia dan Nuryatin Agus 2019.Esain Buku Teks Cerita Inspiratif Bermuatan Karakter Mandiri Sebagai Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Journal of Indonesian Language and Literature Education (unnes.ac.id) (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476)

Maryamah, Effendy, M.H. 2019. Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di Ma Al-FalahTlanaka Pemeksaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneia. 1(1): 1-9

Muhardi dan Hasanuddin ws. 1992. Prosedur Analisis Fiksi. Padang: Ikip.

Nasution, M. K. 2017. Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16

Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Purwaingsih, Retno dan Suhadi, Alpin. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Siswa Kelas IX-1 MTs Negeri 3 Aceh Timur dengan Menggunakan Metode Picture and Picture. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/791/633. p-ISSN:2745-4649 e-ISSN: 2746-6132

Rinanto, Andre. 1982. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Ritonga, Fitri Amelia.2018. Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed- 2018, 1. pp. 116-119. ISSN 978-602-53253-9-7

Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya

Septiani, Erika, Khairil Ansari, Fera Permata, Kurnia Dewi, and Nona Aprilla, ‘Kesulitan Menulis Teks Cerita Inspiratif Berdasarkan Struktur Siswa Kelas IX-10 SMPN 1 Labuhan Deli’, Prosiding Seminar Nasional PBSI -III, 2020, 307–16

Suprihatin. 2017. Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Bindo Sastra. 1(1): 45-51

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Umar, Seniwati. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi Copy The Master Melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas IXa SMP Negeri 2 Tolitoli. https://www.neliti.com/publications/119579/peningkatan-keterampilan-menulis-cerpen-

dengan-strategi-copy-the-master-melalui#id-section-content. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6 ISSN 2354-614X

Zulhasni, Nuriah, L., Fitri, A., & Yulis, A. (2019). Al-Mafahim : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Peningkatan Hasil Belajar SiswaSekolah Dasar P ada Pelajaran Matematika Melalui Media Papan Berpaku . Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1–8.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Murniasih, & Kuntoro. (2024). Pemanfaatan Audio Visual Berwawasan Kearifan Lokal sebagai Media Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Struktur Teks (Studi Kasus pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 1 Rawalo). Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 360–368. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1396