Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbasis Teks Multimodal dalam Membangun Atmosfer Pembelajaran Bermakna pada Keterampilan Menulis

Authors

  • Tintin Susilowati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Iwan Marwan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Anis Rahmadhani Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1375

Keywords:

Pembelajaran Bermakna, Pembelajaran Inklusif, Pembelajar Cepat, Pembelajar Lambat

Abstract

Terciptanya atmosfer pembelajaran bermakna merupakan satu indikasi keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Pembelajaran bermakna memberikan kontribusi untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa karena pendekatan ini memberikan ruang bagi siswa untuk melakukan eksplorasi keterampilan membaca dan menulis secara terintegrasi  selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan keragaman intake siswa maka penerapan TaRL berbasis multimodal teks menjadi suatu keniscayaan untuk bisa menghasilkan suatu pembelajaran yang berkualitas. Ini adalah  tulisan dengan pendekatan kajian pustaka dengan menggunakan search – engine berupa http;//scholar.google.com, serta http://garuda .ristekbrin.go.id. untuk mendapatkan 20 artikel yang relevan dengan pembahasan.  Perumusan kata kunci dilakukan menggunakan PICO(S) Frameworks. Pengumpulan data dilakukan secara dokumentasi, data di analisis dilakukan menggunakan Survey Literature.  Penerapan TaRL berbasis multimodal teks memberikan zona belajar secara inklusif bagi seluruh pembelajar baik pembelajar cepat, pembelajar sedang, maupun pembelajar lambat, dilakukan dengan menggunakan beragam teks yang dekat dengan kehidupan siswa sesuai dengan kategori tingkat kecepatan pembelajar. Lebih lanjut untuk penguatan proses pembelajaran dalam menguasai materi dilaksanakan secara terintegrasi tidak hanya melibatkan proses membaca namun juga diikuti dengan proses menulis untuk memaksimalkan kualitas pembelajaran siswa. Implikasi dari artikel ini adalah untuk memperkaya konsep tentang pentingnya melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa-siswi dalam kelas menggunakan materi yang beragam tingkat kesulitannya untuk mengakomodasi kebutuhan siswa dengan cakupan materi yang dekat dengan pengalaman  kehidupan siswa-siswi. 

References

Adab, Jenri Ambarita, M. Pd K. Pitri Solida Simanullang, Penerbit. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.

Adnyana, I Ketut Suar. 2022. “Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Bahasa Dan Sastra.”

Ali Mudlofir. 2021. Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik - Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Fajri, Taufiq Akbar Al. 2020. “Pentingnya Penggunaan Pendekatan Multimodal Dalam Pembelajaran.” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter 2 (1): 57–72. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.5.

Firmansyah, Bayu. 2019. “Literasi Multimodal Bermuatan Kearifan Lokal” 10 (Juli):60–68.

Hamdayama, Jumanta. 2022. Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.

Indriani, Musrifatul, Sri Utami, dan Septina Alrianingrum. 2024. “Upaya Penerapan Teaching At The Right Level (TaRL) Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (2): 2447–65. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13647.

Kamal, Syamsir, S Pd, dan M Pd. 2021. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai” 1.

Lisa, Junita Lisdia, Ria Ariesta, dan Agus Joko Purwadi. 2018. “Analisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP NEGERI 15 Kota Bengkulu.” Jurnal Ilmiah KORPUS 2 (3): 270–82. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782.

Marlina, Marlina, Elsa Efrina, dan Grahita Kusumastuti. 2019. “Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools.” Dalam . http://repository.unp.ac.id/26761/.

Rahardi, R. Kunjana. 2022. “Multimodalitas Sebagai Perspektif Baru Pembelajaran Pragmatik Edukasional: Persepsi Urgensi Inklusinya (Multimodality as a New Perspective of Educational Pragmatic Learning: Perception of the Urgency of Inclusion).” Indonesian Language Education and Literature 7 (2): 449–59. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10018.

Ria, Tiara Nove, Rudi Hartono, Mursid Saleh, dan Sri Wahyuni. 2022. “Potret Penggunaan Pendekatan Multimodal Literasi Terhadap Keterampilan Menulis Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 5 (1): 1088–93.

Riana, Rati. 2020. “Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.”

Rifa’i, Muh Husyain, Tanuki, Novita Maulidya Jalal, Imam Sudarmaji, Nenni Faridah Lubis, Andi Hudiah, Sudarto, dkk. 2022. Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, Dan Motivatif. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Robi’atul ’Adawiyyah. 2024. “Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa SD Kelas II | AS-SABIQUN.” 2024. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/4558.

Ruhama Desy Ma,*, , Sarwib, , Enni Suwarsi Rahayu, dan , Dyah Rini Indriyanti. 2020. “Implementasi Sumber Pembelajaran Berbasis Teks Multimodal Tema Hewan Endemik Hutan Manggrove Pascapandemi Covid19?: Studi Pustaka.” Universitas Negeri Semarang,Kelud Utara III ,Semarang 50237 ,Indonesia.

Sahidah, Nurmala, Tjandra Kirana, dan Suryanti. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teks Multimodal Untuk Meningkatkan Litersi Sains Siswa SD/MI.” Jurnal Education And Development 9 (1): 370–370.

Sholeh, Makherus, Raihanatul Jannah, Mahmudah Mahmudah, dan Khairunnisa Khairunnisa. 2021. “Pengembangan Model Pembelajaran Efektif Dan Bermakna Di MI Perwanida Blitar.” Muallimuna?: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 6 (2): 16–31. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4301.

Sigalingging, Ropin Sigalingging. 2022. Guru Penggerak dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Tata Akbar.

Suharyani, Suharyani, Ni Ketut Alit Suarti, dan Farida Herna Astuti. 2023. “Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak di SD IT Ash-Shiddiqin.” Jurnal Teknologi Pendidikan?: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 8 (2): 470–79. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590.

Sutianah, Cucu Sutianah. 2022. Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit Qiara Media.

Wijiastuti, Arum, dan Ana Fitrotun Nisa. 2023. “Pembelajaran Berdiferensiasi Melejitkan Prestasi.” Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan 1 (02). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/d-semnasdik/article/view/798.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Susilowati, T., Marwan, I., & Rahmadhani, A. (2024). Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbasis Teks Multimodal dalam Membangun Atmosfer Pembelajaran Bermakna pada Keterampilan Menulis. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20, 267–274. https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1375