Analisis Kritis Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Sekitar pada Kelas V SD Negeri 3 Panusupan
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1360Keywords:
Pembelajaran IPA, Lingkungan Sekitar, EvaluasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskrispsikan perencanaan pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar di kelas V SD Negeri 3 Panusupan; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar di kelas V SD Negeri 3 Panusupan; 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar di kelas V SD Negeri 3 Panusupan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas V, dan Peserta Didik Kelas V SD Negeri 3 Panusupan. Hasil penelitian ini diperoleh hasil yaitu 1) Tahap perencanaan pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar diawali dengan guru melakukan persiapan dari penentuan CP, menentukan tujuan pembelajaran, dan merancang pembelajaran; 2) Tahap pelaksanaan dilaksanakan dengan cara guru mengajak peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran secara aktif dan inovatif di lingkungan sekitarnya; 3) Tahap evaluasi dilaksanakan dengan melalui penilaian penilaian melalui tes tertulis, lisan, dan penugasan.
References
Alimah, Siti, dkk. 2016. Jelajah Alam Sekitar: Pendekatan, Strategi, Model, dan Metode Pembelajaran. Semarang: FMIPA UNS.
Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bay, D. N. 2016 Outdoor in Preschool Teaching: A Model Implementation in T urkey.International of.Studies in Education MacrothinkInstitute, Vol.6.Num. 1
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003: Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
Edgar. J, Sudarmin, dan Y. Utomo. 2017. Habituation Model of Implementing Environmental Education in Elementary School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 6 Num.2.
Erly, Suandy. 2001. Perencanaan Pajak Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat. Hamzah.2007. Manajemen Teori Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafie, Rita,. 2010 Pengantar..Ekonomi Pertania Yogyakarta: Andi Press. Istiliana. 2016. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Subtema
Hewan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Kelas IV SD N 3 Jeumpa Kabupaten Bireun dalam Jural Ilmiah Mahasiswa PGSD FKIP Unsyiah, Volume. 1 Nomer. 1.
Kuswarno. 2009. Metode. Penelitian Komunikasi: Fenomenologi, Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya . Panjajaran: Perpustakaan Pusat UII.
Majid,Abdul., 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar.Kompetensi G uru. Jakarta: PT. Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rubhan Masykur, Nofrizal, Muhamad Syazali. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2.
Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laks Bang Mediatama.
Setyoningsih, Titik. 2007. Pengelolaan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan di SMP N 1 Gabus, Grobogan dalam Jurnal Managemen Pendidikan. Vol. 12. No. 1.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wahyudin, Dinn .2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.