Penggunaan Metode TPR (Total Physical Response) Terhadap Pembelajaran Kata Perintah Bahasa Jepang

Authors

  • Asnul Fikky Ruliyan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Rita Agustina Karnawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ana Natalia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.884

Keywords:

Metode Pembelajaran, Total Physical Response, Kata Perintah, Bahasa Jepang

Abstract

Dalam proses pembelajaran bahasa, kesulitan dalam memahami kata perintah menjadi hal yang umum terjadi. Bahkan para pembelajar bahasa Jepang juga menghadapi kesulitan serupa. Oleh karena itu, sebagai  pengajar,  kita  perlu  mencari  cara  agar  mahasiswa  yang belajar bahasa Jepang dapat lebih mudah memahami kata perintah yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan  mahasiswa  dalam  memahami  kata  perintah  bahasa Jepang di sebuah universitas di Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat sejauh mana metode TPR (Total Physical Response)  dapat  meningkatkan  pemahaman mereka terhadap kata perintah bahasa Jepang sebelum dan setelah penggunaan metode tersebut, dengan tujuan untuk menilai efektivitas metode TPR dalam proses pembelajaran. Penelitian   ini menggunakan metode kuantitatif dengan model one-group pretest-posttest dengan memberikan tes sebelum dan sesudah perlakuan, dengan responden dalam penelitian sebanyak 13 orang. Berdasalkan hasil perhitungan SPSS 25, diketahui nilai rerata hasil belajar pre-test sebesar 65,23 dan post-test sebesar 71.08.  Hasil pengujian pada paired sample t test diketahuo nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh sebab itu, hasil pengukuran data menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan metode TPR terhadap pemahaman kata perintah bahasa jepang

References

Celik, T. I., Cay, T., & Kanadli, S. (2021). The Effect of Total Physical Response Method on Vocabulary Learning/Teaching: A Mixed Research Synthesis. English Language Teaching, 14(12), 154. https://doi.org/10.5539/elt.v14n12p154

Dewi Ambarastuti, R., & Amalia Savitri, L. (2021). EFEKTIVITAS METODE DARING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN HURUF KANJI. http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra

Ebrahimzadeh, M., & Alavi, S. (2017). the Effect of Digital Video Games on Efl Students’ Language Learning Motivation. Teaching English with Technology, 17(2), 87–112. http://login.ezproxy.lib.umn.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,uid&db=eue&AN=122752012&site=ehost-live

Fauzia, F. (2016). Metode Tpr (Total Physical Response) Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Tahap Awal Berbahasa Inggris Pada Anak-Anak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10687

Heriyanti, H., Ibrahim, I., & Taslim, T. (2018). Penerapan Metode Total Physical Respons (Tpr) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas X8 Sma Negeri 2 Watampone. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 6(2), 56. https://doi.org/10.33506/jq.v6i2.217

Lestari, N. (2019). Improving the Speaking Skill by Vlog (video blog) as Learning Media: The EFL Students Perspective. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(1). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v9-i1/5490

Liu, S., & Chen, S. (2021). Research on tpr in english vocabulary teaching in primary schools: A case study of a primary school in hangzhou*. Theory and Practice in Language Studies, 11(10), 1249–1257. https://doi.org/10.17507/tpls.1110.12

Peni, T. E. S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Melalui Metode Total Physical Response (Tpr) Di Kelas Xi Ips-2 Sman 1 Ciampea-Bogor. Jurnal Gemaedu, 3(2), 243–252. http://gemaedu.pgri.or.id/index.php/JG/article/view/88

Septriani, A., & Sukmara, R. (2020). Efektivitas Metode TPR (Total Physical Response) Terhadap Penguasaan Kata Kerja (Doushi) Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen Murni Terhadap Kelas XI SMAN 19 Kab. Tangerang Tahun 2020). Jurnal Bahasa Jepang Taiyou, 1(2), 82–98. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/taiyou/article/view/6436

Shi, T. (2018). A Study of the TPR Method in the Teaching of English to Primary School Students. Theory and Practice in Language Studies, 8(8), 1087. https://doi.org/10.17507/tpls.0808.25

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Ruliyan, A. F., Karnawati, R. A., & Natalia, A. (2023). Penggunaan Metode TPR (Total Physical Response) Terhadap Pembelajaran Kata Perintah Bahasa Jepang. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 68–73. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.884