Penggunaan Bahasa Persuasif pada Postingan Video Makanan Khas Nusantara di Tiktok Sebagai Alternaif Bahan Ajar pada Siswa SMP

Authors

  • Farah Salsabila Wibowo Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1331

Keywords:

Bahasa Persuasif, Tiktok, Bahan Ajar

Abstract

Bahasa kini tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja tetapi bahasa juga dapat digunakan sebagai alat untuk mempromosikan suatu produk atau mengiklankan suatu produk. Bahasa persuasif merupakan bahasa yang memiliki sifat untuk membujuk, mempengaruhi, dan mengajak seseorang agar orang tersebut mengikuti sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pembicara. Media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan promosi barang atau jasa yang kita tawarkan ialah dengan menggunakan tiktok. Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tiktok maka tak heran rasanya jika kini banyak sekali pengguna aplikasi tersebut. Namun sayangnya ada beberapa pengguna yang tidak menggunakan aplikasi dengan baik, sehingga menimbulkan hal negative. Untuk mengurangi hal negative tersebut, maka seorang guru dapat memanfaatkan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran. Metode ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Data penelitian berupa kalimat yang mengandung teknik persuasif pada video yang mempromosikan makanan nusantara yang diunggap pada media sosial tiktok. Sumber data penelitian berupa video yang diunggah oleh seorang konten kreator yang merekomendasikan tempat makan khas nusantara. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini memanfaatkan teknik pengumpulan data berupa observasi dan teknik catat. Terdapat tujuh Teknik dalam bahasa persuasif, antara lain: rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, penggantian, serta proyeksi. Akan tetapi dalam penelitian ini peneliti menemukan empat Teknik persuasif yang digunakan yaitu Teknik sugesti, rasionalisasi, konformitas dan penggantian.

References

Anggraeni, R., & Elan Maulani, I. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Jurnal Sosial Teknologi, 3(2), 94–98.Https://Doi.Org/10.59188/Jurnalsostech.V3i2.635

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal Of Student Research, 1(1), 282–294. Https://Doi.Org/10.55606/Jsr.V1i1.993

Budiman, B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Eunoia (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(2), 149. Https://Doi.Org/10.30821/Eunoia.V2i2.2098

Febrianti, S. (2023). Kemampuan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 14 Kota Jambi. 168–173. Https://Doi.Org/10.59562/Indonesia.V5i1.50406

Frandika, E., Studi, P., Bahasa, P., Lampung, M., Ratu, L., Lampung, B., & Ajar, B. (2024). Penggunaan Bahasa Persuasif Iklan Body Lotion Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pada. 12(1).

Ilmiyah, Z. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasif Dengan Teknik 3w2h Pada Siswa Kelas Viii A Mts Negeri 2 Lamongan Tahun Pelajaran 2021/2022. Pentas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 13–26. Https://Doi.Org/10.52166/Pentas.V8i2.3503

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. Https://Doi.Org/10.35446/Diklatreview.V3i1.349

Kasanova, R. (2016). Penggunaan Teknik Persuasif Dalam Iklan Ria Kasanova Abstrak. Jurnal Ilmu Bidang Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 1–10. Http://Ejournal.Unira.Ac.Id/Index.Php/Jurnal_Komposisi/Article/View/122

Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.

Noermanzah. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, Dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Semiba

Sari, Y., & Samaya, D. (2021). Analisis Wacana Persuasif Iklan Produk Kecantikan Pada Media Online Tribun Sumsel Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia (Vol. 2, Issue 2).

Subagiyo, N. A., & Aesthetika, N. M. (2023). Motives For Using Tiktok Among Communication Studies Students At Muhammadiyah University Of Sidoarjo. Journal Of Islamic And Muhammadiyah Studies, 5, 1–9. Https://Doi.Org/10.21070/Jims.V5i0.1577

Sulistriyani, & Kuntoro. (2020). Analisis Wacana Persuasif Untuk Memotivasi Diri Dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib Sd Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. In Metafora (Vol. 7).

Yuliani, W. (2018). Quanta Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. 2(2). Https://Doi.Org/10.22460/Q.V2i1p21-30.642

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Wibowo, F. S. (2024). Penggunaan Bahasa Persuasif pada Postingan Video Makanan Khas Nusantara di Tiktok Sebagai Alternaif Bahan Ajar pada Siswa SMP. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 54–61. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1331