Implementasi Model Probpro-BL dalam Pembuatan Pupuk Organic Cair Berbahan Limbah Dapur Untuk Penguatan Ketrampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 2 Pagentan
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1337Kata Kunci:
Implementasi Model Proppro-BL, Pupuk Organic Cair, Ketrampilan Berpikir KreatifAbstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif yang bertujuan menganalisis Hubungan implementasi model Prob Pro BL dalam pembuatan pupuk organic cair berbahan dasar limbah dapur terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD N 2 Pagentan. Permasalahan yang terjadi dilingkungan peserta didik yaitu permasalahan sampah limbah dapur berupa kulit bawang merah yang dibuang tanpa adanya pemanfaatan secara optimal. Ketidakpedulian siswa akan limbah dapur , sehingga peserta didik tidak memiliki sikap kreatif yang muncul sebagai solusi pengelolaaan limbah dapur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian kuantitatif berkaitan dengan penerapan model pembelajaran Problem-Project Based Learning (Prob Pro BL) terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik. Nilai Signifikasi hubungan model ProbPro-BL dengan ketrampilan berpikir kreatif yaitu Nilai Signifikasi 0,000. Jika nilai signifikasi kurang dari 0,05 maka terdapat hubungan antara model Probpro-BL terhadap ketrampilan berpikir kreatif.
Referensi
Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), 67.
Febrianna, M., Prijono, S., & Kusumarini, N. (2018). Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Untuk Meningkatkan Serapan Nitrogen Serta Pertumbuhan Dan Produksi Sawi (Brassica juncea L.) Pada Tanah Berpasir/ The use of Liquid Organic Fertilizer to Increase Nitrogen Uptake and Growth and Yield of Mustard (Brassica jun. Jurnal Tanah Dan Sumberdaya Lahan, 5(2), 1009– 1018.
Haifatudzikroh, siti. 2019. PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019.
Hapsari, D. T., Supriyono, S., & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project Berbantuan POMAT Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Segitiga. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/9052
Heris Hendriana, dkk., Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa, (Bandung: Refika Aditama, 2017), h.113
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1260
Ilham Aji Asmara Dewa. (2020). Efektifitas Penerapan Model Problem-Project Based Learning (Prob Pro BL) Terhadap Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Siswa di Sekolah Dasar. https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/12731
Miswandi Tendrita, Susriyati Mahanal, Siti Zubaidah. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Remap Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 285-291. https://media.neliti.com/media/publications/176179-ID-pemberdayaan-keterampilan-berpikir-kreat.pdf
Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139.
https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10402
MZ, A. . S. A., Rusijono, R., & Suryanti, S. (2021). Pengembangan dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2685–2690.
Nur, T., Noor, A. R., & Elma, M. (2016). Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Sampah Organik Rumah Tangga Dengan Penambahan Bioaktivator EM4 (Effective Microorganisms). Konversi, 5(2), 5–12.
Purwandari, Ristiana Diah. 2014. HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROB-PRO-BL TERHADAP JIWA WIRAUSAHA SISWA SMK MELALUI PRODUKSI EKSTERIOR. Sainteks Volume XI No 1 Maret 2014. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/SAINTEKS/article/view/201
Santrock, J. W. 2011. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill Companies.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarwo, E., & Yunianta, T. N. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2874
Susana Tabah T.Panjaitan, dll. 2022. PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DARI LIMBAH RUMAH TANGGA UNTUK TANAMAN DI PEKARANGA RUMAH. Volume 5 Nomor 2 Tahun 2022. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/5141
Thamrin Tayeb,“Analisis Dan Manfaat Model Pembelajaran”, Alauduna :Vol.4 No. 2 (2017), 48.
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum 2013( kurikulum tematik Integratif), (Jakarta: Kencana, 2014), h. 42
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.