Model Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Keagamaan

Authors

  • Margiyono Suyitno Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madina Sragen

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.302

Keywords:

Model, Manajemen Kurikulum, Pendidikan, Nilai-Nilai Keagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan model manajemen kurikulum pendidikan berbasis nilai-nilai keagamaan di SDIT Nur Hidayah Surakarta dan SDIP Al Madinah Sukoharjo yang meliputi: model perencanaan, implementasi dan model evaluasi kurikulum. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan studi multisitus. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi.Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis data tunggal dan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep perencanaan kurikulum pendidikan berbasis nilai-nilai keagamaan dikembangkan konsep ISNaCRVa (Integration system nasional curriculum and religious value). Pendekatan integrasi dengan tahapan; (a) membentuk tim pengembang kurikulum, (b)  analisis kurikulum nasional dan nilai-nilai keagamaan, (c) integrasi organisasi nilai-nilai keagamaan dalam topik-topik materi kurikulum nasional, (d) menentukan struktur dan muatan kurikulum berbasis karakter(life skill); (e) mengembangkan disain rencana program pembelajaran tematik integrative dalam silabus dan RPP, (f) review/peninjaun kurikulum dan revisi (g) Membuat standar penilaian danpelaporan. (2) Implementasi kurikulum menerapkan model Fidelity, mutual adaptivedan Enachment, dengan menerapkan (pembelajaran tematik integrative berbasis multidisiplin dan transdisipliner dengan menempatkan nilai-nilai keagamaan sebagai hudan. dengan strategi; a) menerapkan fullday school, b) guru berbasis keagamaan, c) pembelajaran agama mempunyai waktu yang banyak, d) pembelajaran di dalam kelas dandi luar kelas, e) team work yang baik dan profesional, f) adanya pembinaan, pelatihan, dan workshop, serta daurah-daurah, g) koordinasi yang baik, h) melibatkan orang tua dalam pembelajaran, i) menerapkan MBS, j) memaksimalkan fungsi komite sekolah, k) adanya jalinan kebersamaan/kekeluargaan, l) memanfaatkan media sosial, m) sarana dan prasarana berbasis nilai keagamaan, dan n) suasana kondusif, (3) Model evaluasi kurikulum pendidikan berbasis nilai-nilai keagamaan adalah model CIPOO (Contex, Input, Proces, Out-put and Out-comes).

References

Al Bukhari, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail, Al Adabul Mufrad, Cet. I, Terj.Mu’allim dkk. Banyumas: Buana Ilmu Islami, 1431H

Al-Syaibany, Omar Muhammad Al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, Alih Bahasa. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979

Al-Utsaimin, Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih, Kitab Al-IlmuPanduan dalam Menuntut Ilmu Agama, Terjemah Ummu Muhammad Husna, Sleman: Gema Ilmu, 2010

Amstrong, D. G., Developing and Documenting the Curriculum, Allyn and Bacon, Boston, London, Sydney, 1989

Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi, dan Inovasi, Cet. 2, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

Baucamp, G. A., Curriculum Theory, Illionis: The Kagg Press, 1975

Beane, James A., et all. Curriculum Planning and Development, Boston, Allyn and Bacon, 1986

Blenkin, G. M. and Kelly, A. V., Primary Curriculum, London: Harper and Row Publisher, 1981

Bogdan, Robert C. and Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An Introdution to Theory and Methods, Aliyn and Bacon, Inc. Boston, London, Sydney and Toronto, 1982

Brady, L., Curriculum Development, Third Edition, New York-London: Prentice Hall, 1990

Creswell, John. W, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi III, Cet. 3, terj; Ahmad Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Daradjat, Zakiah, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Cet. 9, Jakarta: Haji Masagung, 1988, hlm. 20 dan 63

Denzin, Norman K. & Yvonna S. Lincoln, Handbook of Qualitative Research, terj. Dariyatno, dkk, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya, Semarang; Toha Putra, 1996

Eisner, E. W., The Educational Imagination on the Design and Evaluation of School Program, Third Edition, Ohio: Meril Prentice Hall, 2002

Fogarty, Robin. 1991. The Mindful School: How To Integrate The Curricula. IRI/Skylight Publishing.

Glasser, B.G, and A.L, Strauss, The Discovery of Grounded Theory Strategies for Research, Chicago: Aldine Publishing Company, 1974

Hamalik, Oemar, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Henson, K. T., Curriculum Development for Education Reform, Longman: Eastern Kentucky University, 1995

Huidobro,Juan Cristobal Garcia, 2018, Addressing the crisis in curriculum studies: curriculum integration that bridges issues of identity and knowledge, The Curriculum Journal, vol. 29, no. 1, hlm. 25-42.

Ifada, Etc, 2018, Development of Curriculum Management Model Based of Multicultural Character in Pesantren Khalafiyah, The Journal of Educational Development, vol. 6, no. 1, hlm. 123-131.

Lincoln, Y.S. & E.G. Guba, Naturalistic Inquary, Beverly Hill: Sage Publication

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru, Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyanto, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Cet. 31, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Cet. 6, Depok: Rajagrafindo Persada, 2014

Mulyasa, E, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, Cet. 7, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Parkay, F. W., Curriculum Planning a Contemporary Aproach, Ed. 8, New York-London-Sanfransisco: Pearson, 2006

Polka, W. S. dan Mattai, P. R., Curriculum Planning in The Twenty First Century: Managing Technology, Diversity, and Contructivism to Create Appropriate Learning Environments for All Students, Longman, 2000

Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaaan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2007

Rahardjo, Mudjia, (2010), Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, http://mudjiarahardjo.uin-malang.ac.id/materi-kuliah/288-metode-pengumpulan-data-penelitian-kualitatif.html, diakses pada jum’at, 10 juni 2011

Rusman, Manajemen Kurikulum, Cet. 3, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Said, Mas’ud, “Sinergi untuk Membangun Indonesia Berbasis Nilai Agamadi Bidang Kesejahteraan Sosial, Makalah, disajikan pada Seminar Nasionala dan Call Paper ADPISI, tanggal 19 & 20 November, Surabaya: Universitas Air Langga, 2015

Sallis, Edward, Total Quality Manajemen In Education, terj. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi, Manajemen Mutu Pendidikan,Jogjakarta: Ircisod, 2010

Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori, Praktik, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Cet. 5, Jakarta: Kencana, 2013

Sherman, Robert R. & Rodman B. Webb, Qualitative Research in Education Focus and Methods, New York: Routledge Falmer Taylor and Francis e-Library, 2005

Spradley, James P., Participant Observation, New York: Holt, Rinehard and Winston, 1980

Strauss, Anselm dan Juliet Corbin, Basics of Qualitative Research: Grounded Theory Procedures and Techniques, Terj. Muhammad Sodiq dan Imam Muttaqien, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif: Tata Langkah dan Teknik-Teknik Teoritisasi Data, Cet. 4, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Subroto, Suryo, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Renika Cipta, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Cet. 18, Bandung: Alfabeta, 2013

Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Cet. 16, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Suprayogo, Imam dan Thobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Cet. 2, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003

Susan M. Dulisarake dan Rebecca C.Burns.Meeting Standards Through Integrated Curriculum. Virginia USA: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD), 2004

Suyitno, Margiyono, Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Keagamaan, Disertasi, UIN Maliki Malang, 2018

Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Cet. 5, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

Tanner, D. and Tanner, L. N. Curriculum Development: Theory into Practice, 2nd Ed. New York: Macmillan Co, 1980

Tim Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu, Jakarta: JSIT Indonesia, 2010

Vidergor, Hava E., 2018, Effectiveness of the multidimensional curriculum model in developing higher-order thinking skills in elementary and secondary students, The Curriculum Journal, vol. 29, no. 1, hlm. 95-115.

Zaenul Fitri, Agus, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam dari Normatif- Filosofis ke Praktis, Cet. 1, Bandung: Alfabeta, 2013

Zakiyah, Yuliati dan Rusdiana, Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktis di Sekolah, Cet. 1, Bandung: Pustaka Setia, 2014

Zenger, W. F. and Zenger, S. K., Curriculum Planning: A Ten Step Process, diakses dari http://www.directionjournal.org/articel/?863Vol23n02.Fall

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Suyitno, M. (2022). Model Manajemen Kurikulum Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Keagamaan. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 4, 101–110. https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.302