Penerapan Model Pembelajaran Living History dalam Materi Sejarah Lokal Serat Centini sebagai Upaya Membangun Nilai Pendidikan Karakter Siswa

Authors

  • Ernila Pravita Sari Universitas PGRI Yogyakarta
  • Sunarti Sunarti Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.319

Keywords:

Living History, Serat Centhini, Character Education

References

Sarwanta dan Sunarti. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Cooperative Learning Tipe STAD. Yogyakarta. Jurnal Sosialita Kajian dan Pendidikan Ilmu, 2014.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Kencana Penada Media Group. 2015.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Mendidik Untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dasar Mengajarkan Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab. Bumi Aksara.

Dit PSMP Kemdiknas. (2010). Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Harsojo, A. Membangun Karakter Berkearifan Lokal dalam Bingkai Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pelopor Pendidikan. 2013

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.

Kochhar, S. K. Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: PT Gramedia

Widiasarana Indonesia. 2008.

I Gde Widja. Sejarah Lokal Suatu Prespektif dalam Pengajaran Sejarah. Bandung: Aksara. 1991.

Millward, R. Local History: objective and pursuit by h. p. r. inberg and v. h. t. s kipp archaeological Journal, 130 (1), 343-345. https://doi.org/10.1080/00 665983. 1973. 11020434. (1973).

Harison, L.H. Local History as a Teaching Technique. Peabody Journal of Education, January 2015, 37 – 41. http://doi.org/10.1080/0619566709537476. (2009).

Nichols, H.B. The importance of local history in the schools and methods of teaching it. The Quarterly Journal of the New York State Historical Association, 11 (1), 53 -62. (1930).

Rikza Fauzan. Penerapan Model Pembelajaran Living History Dalam Materi Sejarah Lokal Geger Cilegon 1888 Sebagai Upaya Membangun Nilai Patriotisme Siswa. Jurnal Pendidikan dan Sejarah: Candrasengkala. ISSN:2477-2771, e-ISSN: 2477-8214. 2020.

Allan J Lightman. 1978. Historians and The Living Past, The Theory and Practise of Historical Study. Arlington Heights.

Poerbacaraka dan Tarjan Hadijaya. 1957. Kepustakaan Jawa. Jakarta: Djambatan

Victor Novianto dan Venny Eka Meidasari. 2001. Building Students Character by Engaging Social Studies Issues in Language Teaching. ProceedingsLOOW6May89Petra.pdf (222.62K)

Agus Mulyana & Restu Gunawan. 2007. Sejarah Lokal, Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah. Bandung. Salamina.

Robert Douch. 1967. Local History and the Teacher. London. Routledge and Kegan.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Sari, E. P., & Sunarti, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Living History dalam Materi Sejarah Lokal Serat Centini sebagai Upaya Membangun Nilai Pendidikan Karakter Siswa. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 502–508. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.319

Issue

Section

Pengembangan Model Pembelajaran IPS Kreatif

Most read articles by the same author(s)