Analisis Kritis Peran Guru Dan Orangtua dalam Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik di SD UMP Banyumas

Penulis

  • Megawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ine Kusuma Aryani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1330

Kata Kunci:

Karakter disiplin, Peran Guru, Peran Orang Tua, Karakter Disiplin

Abstrak

Karakter disiplin sangat diperlukan dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk:1)mendeskripsikanperan guru dalam upaya meningkatkan karakter disiplin peserta didik di SD UMP Banyumas, 2)mendeskripsikan peran orang tua dalam upaya meningkatkan karakter disiplin peserta didik di SD UMP Banyumas, 3)menjelaskan faktor pendukung dan penghambatdalam upaya meningkatkan karakter disiplin peserta didik di SD UMP Banyumas, 4) mendeskripsikan evaluasi peran guru dalam upaya meningkatkan karakter disiplin peserta didik di SD UMP  Banyumas, 5) mendeskripsikan analisisi kritis peran guru dalam upaya meningkatkan karakter disiplin peserta didik di SD UMP Banyumas.Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif metode studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengolahan data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan sebuah kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dantriangulasi teknik Hasil penelitian menunjukan bahwa:1)peran guru dalam upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik di SD UMP adalah guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, teladan, motivator, dan evaluator. 2) Peran orang tua peserta didik dalam upaya meningkatkan karakter disiplin anak yaitu dengan sara memberi penjelasan, memberikan nasehat, mendidik dengan keteleladanan, mendidik dengan pwnuh kasih sayang, mendidik dengan pengawasan dan mendidik dengan mengajarkan tentang agama. 3) Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan karakter disiplin yaitu adanya lingkungan yang baik, kelengkapan sarana dan prasarana, dukungan dari guru, orangtua, dan masyarakat, serta sikap anak yang patuh pada guru, dan orang tua. Faktor yang menjadi penghambatnya adalah adanya pengaruh lingkungan teman bergaul dan senangnya anak dalam bermain, pengaruh media yaitu teknologi gadged, tayangan televisi, dan kesibukan orangtua dan tidak mempunyai HP. 4) Evaluasi peran guru dan orangtua dalam upaya meningkatkan karakter disiplin adalah melalui observasi, penilaian diri sendiri, dan penilaian anatar teman yang hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua melalui pelaporan hasil belajar. 5)Hasil analisis peranan guru dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di SD UMP yaitu seluruh guru sudah menggunakan peranan dengan baik, namun ada beberapa guru yang masih kurang maksimal. Upaya guru meningkatkan karakter disiplin peserta didik menggunakan beberapa metode yaitu : pembiasaan, keteladanan, ceramah, dan simulasi. Peranan orang tua sangat penting untuk meningkatkan karakter disiplin, sebab orang tua memiliki tugas untuk menumbuhkan karakter disiplin diri anak sejak awal.

Referensi

Abidiansyah, 2011, Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membangun Peradaban Bangsa yang Bermartabat. Jurnal Socioscientia Kopertis Wilayah XI Kalimantan, 3 (1), h.7.

Afandi, R, 2011, Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal pedagogia, 1 (1), hh. 85- 98.

Amin, M, N, 2015, Pengaruh upah, disiplin kerjadan insentif terhadap produktivitas tenaga kerja minimarket Rizky di kabupaten Sragen. Skripsi, dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arief, A, 2014, Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam upah menghadapi tantangan global. Jurnal Tarbiyah, I (2), h. 224.

Arifin, dan Barnawi, 2012, Etika dan Profesi kependidikan, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arthur, Davison, J, dan Lewis, M., 2005, Professional values and practice achieving the standards for QT,. London and New York: Routledge Falmer. Asmani, Jamal, Ma’mur, 2012, Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah, Yogyakarta: DIVA Press.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2020). What Works in Character Education: A Research-Driven Guide for Educators. Character.org.

Bronfenbrenner, U. (2019). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.

Darling-Hammond, L. (2021). Engaging Families for High-Quality Learning: A School Leader's Guide. Jossey-Bass.

Grolnick, W. S. (2019). Parenting and the Development of Self-Regulation and Executive Function. In S. B. Campbell & K. D. Stauffer (Eds.), Parenting and Child Development in Low-Income and Ethnic Minority Families. Routledge.

Hoge, J, D, 2002, Character education, citizenship education and the social studies. The Social Studies. 93 (3), hh. 103-108.

Jossey-Bass. Dufour, R., & Dufour, R. (2021). The New Art and Science of Teaching. Solution Tree Press.

Miles, M dan Huberman, M. (1994). Qualitative data Analysis2nd edition. United Statesof America: SAGE Publications Inc

Watson, M. (2020). Creating a Safe and Supportive Learning Environment: A Guide for Teachers. Jossey-Bass.

Wibowo, A., 2012, Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widayanti, W.P., Armawi, A. dan Andayani, B., 2018, ‘Wawasan Kebangsaan Siswa Sekola h Menengah Atas dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum di Lingkungan Militer dan SMA Umum di Luar Lingkungan Militer Di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah)’. Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 24, no. 1, hh.1-26.

Yin, R.K., 2006, Studi Kasus: Desain dan metod, .Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Megawati, & Aryani, I. K. (2024). Analisis Kritis Peran Guru Dan Orangtua dalam Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik di SD UMP Banyumas. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 48–53. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1330

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama