Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1333Kata Kunci:
Bahan ajar digital flipbook, kelayakan media, meningkatkan hasil belajar siswaAbstrak
Penelitian berjudul Pengembangan bahan ajar digital flipbook berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto, dilakukan untuk mengetahui kelayakan media bahan ajar digital flipbook, mengetahui efektifitas dalam peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP muhammmadiyah 2 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode riseart and development atau R n D dengan menggunakan beberap tahap antara (1) definisi (Define), (2) desain (Design) dan (3) pengembangan (Develop). dan (4). Distribusi (Dessiminate). Hasil penelitian dari validasi ahli materi rerata skor 3.08 kategori sangat layak, hasil validasi ahli media rerat skor 3.19 kategori sangat layak, hasil ujioba beta 1 rerata skor sebesar 3.21 dan rerata skor ujicoba beta 2 sebesar 3.19 kategori sangat layak, sedang hasil dari analisis gain skor hasil pretes dan postes sebesar 0.70 kategori efktif. Kesimpulan bahwa bahan ajar digital flipbook berbasis canva sangat layak sebagai media bahan ajar digital, bahan ajar digital flipbook dapat meningkatkan dan efektif untuk peningkatan hasil belajar siswa.
Referensi
Anggari, A. S. Wulan, D. R. Puspitawati, N. Khasanah, L. M. & Hendriyeti, Tema 1"Indahnya Kebersamaan" Buku Guru SMP/MI Kelas IV, Pustaka Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud, Jakarta, 2017.
Astuti Mulyani, E, Desain Grafis, CV Media Sains Indonesia, Bandung, 2021. Belawati, Tian dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 1–43.
Dewi, dan Arief. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu. Indonesia
Diena, R dan Heri, S.2010. Penggunaan Media flash flipbook dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Informasi.2010. Bandung: FPMIPA UPI.
Djahiri, A. Kosasih. (1980). Pendekatan dan Teknik Pengembangan Materi dan Program Pengajaran IPS. Jakarta: Depdikbud RI [Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia].
Eliyanti, Eliyanti, M. P. (2016). Pengelolaan Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar.Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 04(01), 59–69.
Eliyanti, Eliyanti, M. P. (2016). Pengelolaan Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar.Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 04(01), 59–69.
Fahrurrozi, M., & Mohzana, H., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran”, Tinjauan Teoretis dan Praktek (Vol. 51). Lombok Timur, Universitas Hamzanwadi Press, 2020.
Gagne. 2013. Definisi Belajar. Jogjakarta: Teras.
Ginanjar, A., Putri, N. A., Nur, A., Nisa, S., Hermanto, F., & Mewangi, A. B. (2019). Implementasi Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran IPS di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(2), 99–105. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony
Ginting, M., & Tambunan, H. P. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ar (Augmented Reality) Berbasis 3d Menggunakan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 3 Sub Tema 1 Di SDN 065015 MEDAN. Indonesian Journal of Mathematics, Science dan Education Mathematics, Science, 1(3), 132-139.
Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Hamzah, A., Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development (2nd ed.), Literasi nusantara, 2020.
Heinich, N. (2001). Contemporary art, derision and sociology. Hermes, 1(29), 121–130. https://doi.org/10.4267/2042/14496
Heinich, N. (2001). Contemporary art, derision and sociology. Hermes, 1(29), 121–130. https://doi.org/10.4267/2042/14496
Hidayah, R. dan Ramadhan, I., Sistem Sosial Budaya Indonesia, Lakeisha, Klaten, 2021
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
Ika, Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata
Indrawari, K., & Habiburrahman, S., “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode al-Qur`an Tematik”, Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 17(1), 17–35, 2019.
Irkhamni, I., Izza,A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai EBahan ajar digital Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 3.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 3.
Jubilee, E., Desain Grafis dengan Canva, PT Elex Media Komputindo (Digital), Jakarta, 2021.
Khatimah, H., Penggunaan Bahan Ajar Komik Digital Pembelajaran dalam jaringan untuk anak sekolah dasar, Literasi Nusantara, Malang, 2021.
Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, 127-134.
Kosasih, Pengembangan Bahan Ajar (1st ed), Bumi Aksara, 2021.
Kurniawan , C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Bahan ajar digital Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication
Kusmana, S. (2020). Development of Poetry Teaching Materials Based on Creative Process. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 4(1), 155–167. https://doi.org/10.24071/ijiet.v4i1.2326
Kusmana, S. (2020). Development of Poetry Teaching Materials Based on Creative Process. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 4(1), 155–167. https://doi.org/10.24071/ijiet.v4i1.2326
Kusnanto, Keanekaragaman Suku dan Budaya Indonesia (Digital), Alprin, Semarang, 2019.
Martatiyana, D., Novita, L., & Purnamasari, R. (2022). Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah.
Mascita, D. E., Mendesain bahan ajar cetak dan digital, Media Sains Indonesia, Bandung, 2021.Benitha, A., & Novaliyosi, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Aljabar Untuk Siswa Kelas Vii Smp/Mts. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.121
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1, 99–112.
Nurlaeli. A, Fajar W.N., & Sadeli, E.H (2023). The Development of E-Puzzle Learning Media on the Bhineka Tunggal Ika Topic in Shaping the Profile of Pancasila Student in Grade X of MAN 1 Banyumas. Proceedings Series on Social Sciences &Humanities, 13, 50-57.https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.882
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Prayugha, A. W., & Zuli, F. (2021). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Universitas Satya Negara Indonesia Berbasis Android Menggunakan Metode Marker Based Tracking. Jakarta, 4(1), 12–17.
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335
Putri, A. R. (2017). Pengembangan Materi Bahasa Inggris Untuk Anak Usia. Jurnal Edulingua Vol 4. No. 1, 4(1), 108–109.
Raharjo, A. A., Supratman, S., & Lestari, P. (2022). Analisis kompetensi strategis matematis matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik melalui blended learning berbantuan flipbook. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 149. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.4606
Reizal, H., Agustiningsih, & Hutama, F. S. (2020). Class elementary school. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 54–65. https://ojs.uniska- bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/2879
Salsabila, S., Sudarman, S., & Riyadi, R. (2022). Pengembangan E-modul Flipbook berbasis Infografis pada Mata Pelajaran IPS SISWA Kelas VII di SMPN 05 Samarinda. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(2), 71–79. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i2.2235
Saputra, R. H., Waziana, W., Baba, J. A., Magribi, M. R., & Putra, A. D. (2021). Rancang Bangun Perpustakaan Buku Digital (E-Book) Berbasis Web. Jurnal El-Pustaka, 2(2), 58–70. https://doi.org/10.24042/el-pustaka.v2i2.10175
Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142
Sari, R., Anggreni, F., & Kunci, K. (2023). Penyusunan E-Modul Menggunakan Heyzine Pada KKG MI Se-Kota Langsa. Jurnal Pendidikan Masyarkat Dan Pengapdian, 03(2), 291–299. Sholeh, M., Triyono, J., Haryani, P., & Fatkhiyah, E. (2021). Penggunaan dan Pengembangan Aplikasi Berbasis Augmanted Reality. Jmm,5(5),25242536.
Sriyanto.2022.Canva Mind Mapping:Alternative Pembelajaran Inovatif Abad 21
Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scratch Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 283–290. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Talitha, S., Rosdiana, R., Mukhtar, R. H., & Suhilman. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Mgmp Bahasa Indonesia Sma Kota Bogor. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 169–177. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.314
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Thiagarajan, Semmel, DS & Semmel M.I. 1974. Instrructional Development for Training Teacher of Axceptional Children. A Source Book. Bloomington: Center of Innovation on Teaching the Handicapped.
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan, Anugrah Utama Raharja (AURA), Bandar Lampung.
Zariono, A. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran PAI-BP di SMP Abstrak Pendahuluan Dunia saat ini dilanda musibah yaitu wabah Corona Virus Disease ( Covid 19 ). Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 117–127.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.