Analisis Gaya Belajar untuk Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam

Penulis

  • Ika Nurhayati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sriyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1395

Kata Kunci:

Gaya Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstrak

Setiap siswa berbeda dan memiliki karakternya masing-masing. Mengidentifikasi sifat-sifat siswa, seperti bakat bawaan, latar belakang sosial budaya, dan preferensi belajar, tidak diragukan lagi dapat bervariasi. Guru harus fokus pada pemahaman mereka tentang karakter siswa sehingga proses pembelajaran dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Studi ini merupakan riaet kualitatif deskriptif yang memakai teknik pengisian kuesioner dan observasi. Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam Cilongok adalah topik studi, dan studi ini memakai pendekatan sampel bertujuan untuk mengidentifikasi mereka. Gaya belajar siswa kelas VIII adalah 27,46% visual, 16,06% auditori, dan 46,11% kinestetik, sesuai dengan temuan studi, sementara beberapa anak memiliki perpaduan dari tipe-tipe belajar tersebut. Para pengajar bisa mengadaptasi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa dan membantu mereka merasa lebih nyaman saat belajar karena setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik. Inisiatif ini dimasukkan ke dalam pembelajaran individual untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap siswa.

Referensi

Anbarasi, M., Rajkumar, G., Krishnakumar, S., Rajendran, P., Venkatesan, R., Dinesh, T., Mohan, J., & Venkidusamy, S. (2015). Learning style-based teaching harvests a superior comprehension of respiratory physiology. Advances in Physiology Education, 39(1), 214–217. https://doi.org/10.1152/advan.00157.2014

Brodersen, R. M., & Melluzzo, D. (2017). Summary of research on online and blended learning programs that offer differentiated learning options. Regional Educational Laboratory Central, 1–22.

Cuevas, J. (2015). Is learning styles-based instruction effective? A comprehensive analysis of recent research on learning styles. Theory and Research in Education, 13(3), 308–333. https://doi.org/10.1177/1477878515606621

Dariyani, N., Marlina*, L., Sriyanti, I., Sudirman, S., & Meilinda, M. (2022). Learning Style Analysis for Differentiated New Paradigm Learning in Public Senior High School 1 Semendawai Suku III East Oku. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(3), 246–256. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i3.25704

Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 414. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16903

Dixon, F. A., Yssel, N., McConnell, J. M., & Hardin, T. (2014). Diferentiated instruction, professional development, and teacher efcacy. Journal for the Education of the Gifted, 37(2), 111–112.

Drago, W. A., & Wagner, R. J. (2014). VARK Preferred Learning Styles and Online Education. Management Research News.

Eriksen M, Mackay J, Schluger N, Gomeshtapeh FI, D. J. (2015). The tobacco atlas. 5th Edition.

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444.

Ghufron, M.N. dan Risnawati, S. . (2013). Gaya Belajar. Pustakan Aksara.

Gray, R. (2020). Comparing the constraints led approach, differential learning and prescriptive instruction for training opposite-field hitting in baseball. Psychology of Sport & Exercise 51.

Ismajli, H., & Imami-Morina, I. (2018). Differentiated instruction: Understanding and applying interactive strategies to meet the needs of all the students. International Journal of Instruction, 11(3), 207–218. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11315a

Kimbonguila, A., Matos, L., Petit, J., Scher, J., & Nzikou, J.-M. (2019). Effect of Physical Treatment on the Physicochemical, Rheological and Functional Properties of Yam Meal of the Cultivar “Ngumvu” From Dioscorea Alata L. of Congo. International Journal of Recent Scientific Research, 10(June), 30693–30695. https://doi.org/10.24327/IJRSR

Kusuma, O. D., & Luthfah, S. (2020). Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdifeerensiasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lupita, L., & Hidajat, F. A. (2022). Desain Differentiated Instruction Pada Materi Statistika untuk Peserta Didik SMP: Alternatif Pembelajaran bagi Siswa Berbakat. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 388–400. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.194

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Google Scholar, 1–58.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. In Padang: Afifa Utama.

Mohd, F., Ismail, S., Jalil, M. A., & Noor, N. M. M. (2019). An Architecture of Decision Support System for Visual-Auditory-Kinesthetic (VAK) Learning Styles Detection Through Behavioral Modelling. International Journal of Innovation in Enterprise System, 3(2), 24–30.

Munir, S., Emzir, E., & Rahmat, A. (2019). The Effect of Teaching Methods and Learning Styles on Students’ English Achievement (An Experimental Study at Junior High School 1 Pasangkayu). JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 2(2), 233. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i2.292

Murphy, R. J., Gray, S. A., Straja, S. R., & Bogert, M. C. (2014). Student learning preferences and teaching implications: Educational methodologies. Journal of Dental Education, 68(8), 859–866.

Rafiska, R., & Susanti, R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas Xii Sma Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 474. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.17043

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Sari, S. W., Untari, M. F. A., Haryati, T., & Saputro, S. A. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V untuk Menentukan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 N, 2021–2024.

SIMBOLON, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Sukendra, I. K. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantu an LKS Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015.

Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1), 248–253.

Vaishnav, R. (2013). Learning Style and Academic Achievement of Secondary School Students. Voice of Research, 1(4), 1–4.

Van Casteren, W., Bendig-Jacobs, J., Wartenbergh-Cras, F., van Essen, M., & Kurver, B. (2017). Differentiëren en differentiatievaardigheden in het primair onderwijs. Nijmegen: ResearchNed, november, 2004–2006.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Diterbitkan

2024-12-09

Cara Mengutip

Nurhayati, I., & Sriyanto. (2024). Analisis Gaya Belajar untuk Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 353–359. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1395

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama