Nilai Moral pada Kumpulan Puisi Anak Dongeng Pohon Pisang Karya Ahmad Sultoni sebagai Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1338Keywords:
Puisi, Anak, Nilai MoralAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan tujuan tertentu dari karya sastra kepada pembaca. Tujuan tersebut berupa tujuan penyampaian nilai moral, dalam kumpulan puisi anak Dongeng Pohon Pisang karya Ahmad Sultoni. Sumber data dalam penelitian ini adalah puisi-puisi dalam antologi Dongeng Pohon Piisang karya Ahmad Sultoni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil yang diperoleh terdapat gambaran nilai-nilai yang dapat dipahami oleh pembaca yaitu nilai moral, diantaranya yaitu nilai moral kesabaran, saling menyayangi, sopan santun dan bersyukur.
References
Alwi, Hasan dan Dendy Sugono. 2002. Telaah Bahasa dan Sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Anggraini, G., & Djajanegara, S. (2020). Gaya Bahasa Dan Pesan Moral Dalam Puisi Terpilih William Shakespeare. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 3(2), 115- 125.
Arifin, M. Z. (2019). Nilai moral karya sastra sebagai alternatif pendidikan karakter (Novel Amuk Wisanggeni karya Suwito Sarjono). Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 3(1), 30-40.
Hudhana, Winda Dwi dan Mulasih. 2019. Metode Penelitian Sastra Teori dan Aplikasi.
Maiza, S., & Rifki, A. (2022). Nilai-Nilai Moral dalam Kumpulan Puisi “Senja Di Batas Kata” karya Dimas Arika Miharja. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(2), 159-177.
Saryono. 2009. Pengantar Apresiasi Sastra. Malang: Universitas Negeri Malang Sultoni, Ahmad. 2019. Dongeng Pohon Pisang. Yogyakarta: Penerbit Gambang
Sumarsilah, S. (2017). Mengkaji Nilai-Nilai Moral dalam Puisi sebagai Media Pendidikan Moral. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 23(1), 57-56.
Suyitno. 1986. Sastra Tata Nilai dan Eksegesis. Yogyakarta: PT Hanindita Temanggung : Desa Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.